Jumat 07 May 2010 04:05 WIB

Ratusan Mahasiswa Demo PT Unilever

Rep: Maryana / Red: Endro Yuwanto

BEKASI--Sekitar 100-an mahasiswa melakukan aksi demo di depan PT unilever di kawasan industri Jababeka Satu kabupaten Bekasi, Kamis (6/5). Mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Mahasiswa Nasionalis menuntut pihak perusahaan agar meminta maaf kepada para petani sawit dan mendesak perusahaan itu kembali menggunakan minyak sawit dalam negeri.

Selain itu, para mahasiswa menilai bahwa PT Unilever yang sudah berdiri di Indonesia selama 76 tahun telah menikmati dan mengeksploitasi kekayaan alam indonesia. Berdasarkan laporan LSM Green peace mahasiswa menuding pihak perusahaan sangat arogan menyetop penggunaan minyak sawit dari Indonesia dan telah menyengsarakan para petani sawit di Indonesia.

Mahasiswa juga mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk tidak menggunakan produk-produk dari PT Unilever. ''Jika tuntutan kami tidak dipenuhi, maka kami ultimatum Unilever dalam waktu 7 X 24 jam untuk segera angkat kaki dari Indonesia,'' ujar koordinator aksi, Desta.

Para mahasiswa datang dengan menggunakan lima bus metromini membawa spanduk dengan berbagai tulisan penolakan terhadap produk Unilever. Tiga mahasiswa terlihat menggunakan kostum gorila. Mereka juga melakukan aksi penggembokan pagar PT Unilever.