Jumat 24 Sep 2010 00:03 WIB

Kerugian Korupsi Kecil, Kajari Depok Stop Kasus

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Kejaksaan Negeri Depok menghentikan penyidikan atas kasus korupsi pembetonan di Jalan Kebembem, Kelurahan Abadi Jaya, Sukmajaya, Rabu (22/9). Menurut Kepala Kejari Depok, Zulkifli Siregar, pihaknya melakukan ini karena kerugian yang ada dinilai kecil.

''Dari laporan Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP), laporan resmi kerugian hanya Rp 15 juta. Jadi tak dilanjutkan,'' ujar Kepala Kejari Depok, Zulkifli Lubis, Kamis (23/9).

Kasus ini bergulir tahun 2009 lalu. Pengerjaan jalan ini berada langsung di bawah bidang Jalan dan Lingkungan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) dengan anggaran Rp 275 juta.

Lebih lanjut dikatakannya, pihak terkait pun telah bersedia mengembalikan kerugian yang ada. '' Sehingga kasus tak dilanjutkan,'' katanya lagi.

Zulkifli mengatakan, kini pihaknya lebih fokus untuk mengerjakan kasus korupsi lainnya dengan kerugian negara yang lebih besar. Salah satunya penyelesaian kasus bantuan sosial (bansos) yang melibatkan mantan pejabat Dinas Kesehatan Depok dengan kerugian negara ratusan juta rupiah.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاۤءَ لِلّٰهِ وَلَوْ عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ اَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ ۚ اِنْ يَّكُنْ غَنِيًّا اَوْ فَقِيْرًا فَاللّٰهُ اَوْلٰى بِهِمَاۗ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوٰٓى اَنْ تَعْدِلُوْا ۚ وَاِنْ تَلْوٗٓا اَوْ تُعْرِضُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka ketahuilah Allah Mahateliti terhadap segala apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Nisa' ayat 135)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement