Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Eskavator dan Bronto Skylift Bantu Tangani Gedung Ambruk

Senin 06 Jan 2020 16:52 WIB

Red: Ratna Puspita

Kondisi gedung yang roboh di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Barat, Senin (6/1).

Kondisi gedung yang roboh di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Barat, Senin (6/1).

Foto: Thoudy Badai_Republika
Gedung empat lantai yang dipergunakan sebagai minimarket ambruk Senin pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kendaraan berat jenis ekskavator hingga bronto skylift dikerahkan untuk membantu para petugas menangani gedung ambruk di Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (6/1). Para petugas ini berasal dari penyelamatan dan penyelidikan dari Basarnas, pemadam kebakaran, penyidik Kepolisian dan kontraktor.

Sekitar pukul 18.30 WIB, dua petugas pemadamkebakaran (damkar) memulai proses pemotongan material bangunan dengan menaiki bronto skylift milik Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta. Dengan berhati-hati, petugas damkar menggunakan mesin las jarak jauh untuk memotong sisa bagian bangunan yang rentan ambruk kembali.

Baca Juga

Aksi petugas damkar tersebut sempat menjadi tontonan warga di sekitar. Tak jarang, sejumlah pengendara berhenti di sekitar lokasi untuk mengabadikan momen peristiwa itu.

Sementara itu, dua kendaraan berat ekskavator milik Dinas Bina Marga dan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menunggu di bawahnya untuk mengeruk sisa bangunan yang terjatuh dari momen ambruk dan pemotongan dengan alat las. Sampai saat ini, penanganan bangunan ambruk itu masih berlangsung hingga kondisi bangunan dan keadaan di sekitar dinyatakan aman untuk warga melintas.

Gedung empat lantai yang dipergunakan sebagai minimarket ambruk di Jalan Brigjen Katamso Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin pagi. Kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 09.15 WIB. Kondisi gedung tersebut kini ambles dari lantai teratas sampai lantai kedua gedung.

Sedangkan lantai dasar gedung yang dijadikan minimarket terlihat tidak hancur sepenuhnya. Beberapa kendaraan tertimpa reruntuhan. Sebanyak 11 orang menjadi korban gedung ambruk dan berhasil dievakuasi untuk dibawa ke dua rumah sakit, yaitu RSUD Tarakan dan RS Pelni Jakarta.

Dari data yang dihimpun, tiga korban telah dibawa ke RSUD Tarakan, yakni Febriani (27) warga Tanjung Duren Raya Nomor 2 RT 10/2 Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Kemudian, Muhammad Iqbal (37) warga Jalan Mangga IV, RT 001/02, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Selanjutnya Ervan Juliansyah (52) Kampung Gaga, Jalan Amil Abas Nomor 92 RT 01 RW 01, Larangan Selatan, Tangerang. Penyebab gedung ambruk di Jalan Brigjen Katamso, Kota Bambu Selatan, Palmerah, diduga diakibatkan pelapukan bangunan tersebut dari penampung air hujan di lantai teratas, menurut keterangan anggota Basarnas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile