Sabtu 24 Dec 2011 16:40 WIB

Dzikir bukan Semata Ritual

Rep: agung sasongko/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Penggiat Dakwah Islam, Toto Tasmara mengingatkan bahwa dzikir jangan diperlakukan sebatas ritual saja. Tetapi dzikir seharusnya mengetuk hati umat Islam untuk menyadari posisinya di dunia.

 

"Mau kemana kita, apa yang kita inginkan di negeri ini, wajah umat seperti apa," kata dia saat berbincang dengan Republika.co.id, Sabtu (24/12).

Menurutnya, bila hal itu diabaikan, bila umat Islam tidak melakukan sesuatu, umat Islam akan mengutang sejarah kepada generasi mendatang.

"Karena itu, pada Dzikir Nasional Republika 31 Desember mendatang, saya akan mengajak kepada para pemimpin, ulama, cendikiawan dan umat untuk mengingat kembali tujuan umat Islam di dunia," pungkas dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ اَنْتُمْ بِالْعُدْوَةِ الدُّنْيَا وَهُمْ بِالْعُدْوَةِ الْقُصْوٰى وَالرَّكْبُ اَسْفَلَ مِنْكُمْۗ وَلَوْ تَوَاعَدْتُّمْ لَاخْتَلَفْتُمْ فِى الْمِيْعٰدِۙ وَلٰكِنْ لِّيَقْضِيَ اللّٰهُ اَمْرًا كَانَ مَفْعُوْلًا ەۙ لِّيَهْلِكَ مَنْ هَلَكَ عَنْۢ بَيِّنَةٍ وَّيَحْيٰى مَنْ حَيَّ عَنْۢ بَيِّنَةٍۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَسَمِيْعٌ عَلِيْمٌۙ
(Yaitu) ketika kamu berada di pinggir lembah yang dekat dan mereka berada di pinggir lembah yang jauh sedang kafilah itu berada lebih rendah dari kamu. Sekiranya kamu mengadakan persetujuan (untuk menentukan hari pertempuran), niscaya kamu berbeda pendapat dalam menentukan (hari pertempuran itu), tetapi Allah berkehendak melaksanakan suatu urusan yang harus dilaksanakan, yaitu agar orang yang binasa itu binasa dengan bukti yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidup dengan bukti yang nyata. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

(QS. Al-Anfal ayat 42)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement