Ahad 27 Nov 2011 18:00 WIB

Kejutan David Beckham

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi
David Beckham (tengah)
Foto: AP/Bret Hartman
David Beckham (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - David Beckham sempat mengejutkan penggemar Manchester United atas putusannya pindah ke klub raksasa Spanyol Real Madrid dengan nilai transfer sebesar 35 juta poundsterling. Kejutan kembali dibuatnya saat memutuskan hijrah ke AS untuk bergabung dengan Los Angeles Galaxy.

Kepindahannya ke Amerika menjadi perbincangan pecinta sepakbola dunia setelah spekulasi berlarut-larut. Sejumlah pengamat mengatakan karier Beckham telah mencapai titik nadir. Ada pula komentar sinis yang menyatakan kepindahan Beckham tidak terlepas dari keinginan sang istri, Victoria Beckham, yang tengah merintis karier sebagai desainer di negeri Paman Sam.

Hingga saat ini, transfer Beckham dari Real Madrid ke Los Angeles Galaxy tidak diketahui. Ada yang mengatakan nilai transfernya mencapai 250 juta dolar AS. Namun, nilai tranfer itu dianggap merupakan bentuk pencitraan Beckham agar tidak kehilangan sponsor.

Kontrak Beckham dengan LA Galaxy akhirnya mulai berlaku pada 11 Juli 2007. Pada 13 Juli, mantan kapten Timnas Inggris ini diperkenalkan secara resmi kepada publik Home Depot Center --markas LA Galaxy. Hadir dalam perkenalan itu 5.000 fans Beckham di Amerika. Ia pun tampil di hadapan penggemar LA Galaxy dengan mengenakan Jersey 23.

Dalam pertandingan perdananya, Beckham mencetak gol melalui tendangan bebas. Ia pun mengantarkan kemenangan LA Galaxy atas Sporting Kansas City 4-1. Pada 9 Juli 2008, Beckham pun kembali mencetak gol melalui tendangan sudut. Gol itu mengantarkan LA Galaxy menang atas Chicago Firen 2-1. Gol yang dicetak Beckham melalui tendangan sudut mengulangi gol serupa saat ia bermain untuk Preston North End.

Musim terbaik Beckham bersama Galaxy terjadi pada musim ini. Bersama Landon Donovan dan Robbie Keane, mereka menaklukan Houston Dynamo 1-0. Dengan kemenangan itu, Galaxy menjadi juara MLS untuk kali ketiga. Bagi Beckham, prestasi itu mengantarkan dirinya menjadi pemain yang sukses membawa klub yang dibelanya menjadi juara liga.

Kini, spekulasi terus berkembang. Becks dikabarkan segera meninggalkan Home Depot Center. Klub yang dihubungkan dengan masa depan Beckham adalah Paris St Germain. Indikasi itu muncul setelah ia menolak untuk bermain di Inggris selain bersama Manchester United. Sedangkan, United juga tak berniat untuk memboyongnya pulang.

"Setiap pilihan yang ada cukup menggoda. Saya akan mempertimbangkan setiap pilihan yang ada dengan serius," kata Beckham seperti dikutip goal.com. "Apakah keluarga saya ingin tinggal di Paris? Siapa yang tak ingin bisa tinggal di Paris? Tapi, siapa juga yang tak mau berada di Los Angeles? Semua tempat itu sungguh menyenangkan untuk ditinggali."

Begitulah Beckham. Setiap tindak tanduknya mendapat perhatian banyak orang. Bisa jadi, putusannya apakah tetap membela LA Galaxy atau pindah klub lain akan terungkap saat ia memilih bermain untuk LA Galaxy pada laga persahabatan melawan timnas Indonesia pada 30 November mendatang. Kita tunggu saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement