Rabu 20 Jul 2016 08:35 WIB

5 Alasan Berat Badan yang Cepat Turun tak Sehat

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Menurunkan berat badan
Foto:
Menurunkan berat badan.

Cepat Naik Cepat Turun

Tak jarang, penurunan berat badan yang cepat diikuti dengan penambahan berat badan yang juga cepat. Kondisi ini lebih dikenal dengan istilah diet yo yo. Jika dibiarkan dalam waktu lama, akan ada lebih banyak berat badan yang bertambah dibandingkan berat badan yang berkurang.

Kondisi ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam menjaga kehilangan berat badan dalam waktu yang lama. Ketika tubuh sudah mencapai 'batasnya', tubuh akan terdorong untuk kembali pada pola makan dan aktivitas biasa untuk menambah berat badan lebih banyak.

Nutrisi

Setiap hari tubuh membutuhkan berbagai nutrisi dalam kadar tertentu, mulai dari vitamin, mineral, antioksidan hingga serat. Orang yang menjalani pola makan seimbang tidak akan mendapatkan masalah dengan kebutuhan asupan nutrisi. Akan tetapi orang yang berdiet untuk menurunkan berat badan dengan cepat akan memotong asupan kalori.

Pemotongan asupan kalori yang tiba-tiba ini akan membuat tubuh mendapat nutrisi yang lebih sedikit. Kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi fungsi tubuh dan dalam hal ini nutrisi dari suplemen tidak akan berperan sebaik makanan.

Energi dan Olahraga

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat, seseorang butuh melakukan banyak olahraga. Sayangnya, tak akan ada banyak olahraga yang bisa dilakukan ketika orang tersebut juga memangkas asupan kalorinya. Kalori dari makanan merupakan 'bahan bakar' untuk berolahraga. Tanpa asupan makanan yang cukup, olahraga akan semakin sulit dilakukan karena tubuh kekurangan nutrisi untuk memulihkan otot.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement