Ahad 09 Apr 2017 07:50 WIB

Anak Juga Bisa Alergi karena Zat Terhirup

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Alergi
Foto: The Blue Diamond Gallery
Alergi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi setiabudiawan, dr., SpA(k), M. Kes, mengatakan alergi muncul karena ada zat pemicu atau alergen  yang mencetuskan alergi. Pencetus alergi bisa berupa makanan bisa juga sesuatu yang terhirup.

“Ada delapan makanan penyebab utama alergi, yaitu susu sapi, telur, gandum, kacang tanah, kacang kedelai, tree nuts (kacang pohon seperti hazelnut, kacang almond dan kacang mede), ikan, dan makanan laut (udang),” jelasnya dalam acara Media Gathering Sarihusada -  Si Kecil Tetap Ceria Karena Bunda Tanggap Alergi, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain makanan, menurut Prof Budi, sesuatu yang terhirup juga bisa mencetuskan alergi. Misalnya tungau debu rumah, serbuk sari tanaman, kecoa, serpihan kulit binatang dan jamur kapang.

“Seorang anak punya bakat alergi akibat turunan waktu awal kehidupan muncul alergi makanan. Manifestasi penyakit alergi di awal kehidupan. Puncak umur 2 atau 3 tahun diikuti dermatitis atopik atau eksim waktu baru lahir. Kalau tidak ditangani optimal atau pencegahan yang benar maka tumbuh penyakit lain asma dan rhinitis. Awalnya asma saat pra sekolah lalu rhinitis di usia sekolah, itulah perjalanan alergi,” tambahnya.