Senin 24 Sep 2018 08:16 WIB

Mengakali Mahalnya Diet Keto dengan Bahan Seadanya

Makanan untuk diet keto sangat beragam, jangan terfokus pada satu macam saja.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Ada beragam jenis ikan lokal yang bisa digunakan untuk konsumsi diet keto.
Foto: Antara
Ada beragam jenis ikan lokal yang bisa digunakan untuk konsumsi diet keto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika mendengar mengenai diet keto, orang-orang mungkin akan berpikir bahwa diet tersebut merupakan diet yang mahal. Diet keto pasalnya mengharuskan penggiatnya untuk mengurangi asupan karbohidrat ke dalam tubuh.

Penganut diet keto otomatis mengeliminasi sebagian besar bahan makanan berharga terjangkau seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, diet keto juga mengharuskan orang-orang untuk mencari pengganti dari makanan-makanan berkarbohidrat tersebut menjadi makanan yang kaya akan lemak seperti salmon atau daging.

Baca Juga

Namun, penulis buku Panduan dan Resep Sehat Diet Ketogenik, Rini Handayani, mengatakan bahwa makanan-makanan yang cenderung memiliki harga mahal tersebut dapat diganti dengan yang lebih murah. “Bahan-bahan untuk menu makanan diet keto sebenarnya bisa pakai daging ayam, telur. Kalau salmon bisa diganti dengan ikan kembung, bisa juga dengan ikan patin,” kata Rini dalam acara peluncuran bukunya di Central Park, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dalam menjalani diet keto, seseorang tidak harus membeli makanan yang memiliki harga mahal. Rini mengatakan meskipun bahan-bahan menu makanan diet keto diganti dengan yang lebih murah, tidak akan mengurangi kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut.  Bahkan, bahan makanan yang lebih murah mungkin memiliki nutrisi yang jauh lebih banyak dari bahan makanan dengan harga mahal.

Melakukan diet keto sebenarnya tidak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Pasalnya, ketika seseorang melakukan diet, mereka akan cepat merasa bosan dengan sedikitnya makanan yang dapat mereka santap. Terlebih lagi diet keto yang benar-benar harus mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi.

Rini menyarankan kepada orang-orang penggiat diet keto mengombinasikan beragam macam makanan rendah karbohidrat. “Ketika sedang diet, orang akan merasa bosan karena, ‘ah makan itu lagi, makan itu lagi.’ Ujung-ujungnya mereka akan sedikit demi sedikit, lama-lama berhenti diet dan kembali ke pola makan sebelumnya. Karena itu, kita harus lebih kreatif dalam menyiapkan makanan (diet keto), supaya tidak cepat bosan dan diet bertahan lama,” kata Rini.

Menyiapkan makanan diet keto sebaiknya dilakukan sendiri, dibandingkan dengan membeli menu makanan khusus diet keto di tempat-tempat tertentu. Ketika seseorang menyiapkan menu diet ketonya, mereka sudah tahu seberapa banyak asupan karbohidrat, lemak, dan nutrisi lainnya yang harus mereka santap. Dengan begitu, mereka dapat menyesuaikan seberapa banyak jumlah makanan yang harus dimakan agar diet keto mereka berhasil.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement