Selasa 02 Oct 2018 08:01 WIB

Mengenali Tanda Memar di Tubuh

Faktanya, perempuan lebih rentan memar daripada laki-laki.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Memar di anggota tubuh.
Foto: Wikimedia
Memar di tubuh.

Kekurangan Vitamin C

Tanda memar juga bisa terjadi pada orang yang kekurangan asupan vitamin C. Hal ini bisa berpengaruh pada semua orang, tidak terpaut usia lanjut atau kebiasaan merokok.

Vitamin C sangat berguna untuk proses masa penyembuhan seseorang dari sakit. Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan memar pada tubuh dengan mudah.

Terpapar Sinar Matahari

Terlampau sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan bisa menjadi penyebab memar. Hal ini terjadi karena sinar matahari bisa melemahkan lapisan dan fungsi pelindung kulit.

Kondisi tersebut menyebabkan pembuluh darah bengkak. Apabila sudah terjadi, memar jenis ini sulit dihilangkan. Biasanya memar sering didapatkan di bawah lengan atau tangan.

Gangguan Darah

Beberapa gangguan atau kelainan darah juga menyebabkan seseorang bisa memar dengan mudah. Salah satu kondisi yang paling sering didapatkan, yakni haemophilia. Kondisi kelainan darah ini memang tidak umum terjadi.

Memar bisa terus terjadi apabila tidak ditangani dengan cepat. Para pengidap haemophilia tidak hanya mendapat memar dengan mudah. Pengidapnya bahkan bisa mengalami pendarahan hidung, gusi, hingga darah yang mengucur deras meski hanya mengalami sedikit luka gores.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement