Senin 26 Aug 2019 06:19 WIB

Makanan Atlet Ini Berpotensi Rusak Gigi

Makanan atlet seperti minuman olahraga dan energy bar mengandung gula tinggi.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Makanan berenergi seperti energy bar kerap disukai atlet atau olahragawan.
Foto: Flickr
Makanan berenergi seperti energy bar kerap disukai atlet atau olahragawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman olahraga dan energy bar dapat membantu atlet mendapatkan energi tambahan dalam waktu yang relatif singkat. Akan tetapi, konsumsi minuman olahraga dan energy bar juga ternyata berpotensi merusak gigi atlet.

Hal ini terungkap dalam studi terbaru yang dimuat dalam British Dental Journal. Studi ini menemukan bahwa cukup banyak atlet yang memiliki masalah gigi, meskipun sudah berupaya menjaga kebersihan gigi.

Baca Juga

Studi yang dilakukan oleh University College London ini melibatkan 352 atlet sebagai partisipan. Para atlet ini berasal dari 11 cabang olahraga, mulai dari renang, bersepeda, sepak bola, hingga atletik.

Sebanyak 87 persen dari atlet tersebut biasa mengonsumsi minuman olahraga. Sebanyak 59 persen di antara para atlet yang terlibat dalam studi ini juga biasa mengonsumsi energy bar. Sekitar 70 persen dari para atlet juga biasa mengunakan energy gel. Para atlet juga cukup rutin mengunjungi dokter gigi secara rutin, tidak merokok, dan menerapkan pola makan sehat.