Sabtu 23 May 2015 10:23 WIB

Pantang Konsumsi Makanan Ini Saat Berolahraga!

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
olahraga agar tubuh bugar
Foto: the88sj.com
olahraga agar tubuh bugar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan kegiatan olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika sehari-hari Anda telah disibukkan oleh pekerjaan kantoran yang menempatkan untuk duduk seharian.

Namun jika Anda mengkonsumsi makanan yang kurang tepat sebelum melakukan olahraga, hanya akan membuat tubuh bukannya sehat justru merasa semakin tidak enak, baik ketika mulai berolahraga, bahkan sepanjang Anda melakukan aktivitas tersebut.

Dilansir dari Allwomenstalk, Sabtu (23/5), berikut ini beberapa makanan yang harus Anda hindari ketika akan berolahraga.

Donat Coklat

Ya, gula memang akan memberikan Anda energi yang tinggi. Namun mengkonsumsi donat sebelum Anda berolahraga merupakan langkah yang buruk. Ketika gula dalam tubuh Anda tinggi justru menjadi mengkhawatirkan ketika Anda terus beraktivitas, karena bisa menyebabkan terlalu lelah dan justru berisiko mendatangkan kecelakaan dalam berolahraga. Untuk menghindari itu ada baiknya Anda menghindari beberapa makanan yang manis sebelum melakukan olahraga.

Jus Buah

Kedengarannya memang menyehatkan mengonsumsi jus buah sebelum berolahraga, apalagi jika itu 100 persen jus buah asli, tapi lagi-lagi itu tidak baik jika dikonsumsi sebelum olahraga. Mengapa? Karena jus buah tidak memiliki karbohidrat yang bisa memberikan energi yang cukup selama berolahraga. Ditambah lagi jus buah dapat menyebabkan diare dan sakit perut jika sebelumnya Anda belum makan apapun.

Kacang

Ya, kacang umumnya pilihan yang sehat dan menawarkan banyak manfaat bagi gizi manusia. Namun, meskipun kacang tinggi serat dan protein, kacang tidak memiliki karbohidrat yang cukup untuk menunjang energi selama Anda berolahraga. Justru sebaiknya Anda mengkonsumsi kacang setelah berolahraga agar bisa membantu otot Anda menjadi sehat dan kuat.

Makanan Berat Lain

Mungkin Anda pencinta burrito atau tidak bisa menahan godaan dari kelezatan taco, tapi sayangnya makanan tersebut harus dihindari saat Anda akan berolahraga. Sebuah makan berat, seperti yang terdapat dalam burrito atau taco dengan keju meleleh, akan membuat Anda lesu karena perut yang terlalu penuh. Hal tersebut membuat Anda kesulitan untuk bergerak saat berolahraga. Belum lagi semua kacang yang terdapat pada makanan tersebut akan meninggalkan kembung dan mengandung gas, yang membuat olahraga Anda terasa tidak nyaman.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement