Rabu 07 Oct 2015 10:21 WIB

Cara Ampuh Cegah Kolesterol

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Beberapa sumber makanan bebas kolesterol (ilustrasi)
Foto: PIERREDEJAGER
Beberapa sumber makanan bebas kolesterol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam acara yang juga bertujuan untuk memperingati Hari Jantung Sedunia tersebut, dr Djoko Maryono, DsPD,DsPJ, FIHA mengungkapkan beberapa cara yang dapat mencegah tingginya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh kita, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

Pertama, jangan makan daging merah yang sudah disimpan di dalam lemari pendingin selama berhari-hari. Hal ini dikeranakan, daging yang disimpan lebih dari tiga hari tersebut beresiko mengandung banyak asam urin. Asam urin dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh.

Kedua, jangan mengkonsumsi makanan bersantan yang dipanaskan berulang-ulang. Usahakan juga tidak menggunakan kembali minyak bekas yang telah kita pakai untuk menggoreng makanan.

 

Kemudian, mengurangi konsumsi makanan gorengan, dikarenakan dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Terakhir, mengontrol paparan radikal bebas, terutama melalui polusi udara, asap rokok dan sinyal telepon genggam. Ya,walaupun cukup mengagetkan ternyata sinyal telepon genggam beresiko tingkatkan LDL di dalam tubuh kita.

 

Bahkan diketahui, menurut penelitian di Thailand, penggunaan telepon genggam yang berlebih juga dapat menyebabkan sperma laki-laki mati sekitar 60 persen sehingga beresiko tinggi berdampak pada kemandulan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement