Kamis 11 Feb 2016 08:41 WIB

Waspada, 8 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sengatan dan Luka Bakar Listrik

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Tersegat listrik (ilustrasi)
Foto:
Petir, ilustrasi

Berenang atau berada di luar saat badai petir

Berlindung di dalam ruangan tertutup ketika badai petir terjadi. Jika tidak bisa mencari tempat berlindung di dalam ruangan, hindari bangunan dan benda tinggi yang berada di luar ruangan, seperti pohon tinggi yang menjulang sendiri. Cari tempat berteduh yang rendah atau di pohon-pohon yang memiliki tinggi sama satu sama lainnya. Berenang atau berlayar dengan perahu selama badai petir juga bukan pilihan yang baik.

Membiarkan anak-Anak bermain dengan perangkat elektronik

Dua per tiga dari kasus luka bakar akibat sengatan listrik terjadi pada anak di bawah 12 tahun. Oleh karena itu, jangan biarkan anak-anak berada di dekat perangkat elektronik, terutama bayi dan balita. Pasalnya, ada risiko kemungkinan bayi dan balita tersebut menggigit kabel atau perangkat elektronik yang sedang tersaluri aliran listrik.

 

Menyentuh alat elektronik saat berdiri di atas genangan air

Jangan sentuh dan gunakan alat elektronik saat berada di atas genangan air atau di atas bak mandi. Selain itu, hindari pula menyentuh perkakas elektronik saat sedang menyentuh keran atau pipa air. Pasalnya, jika terdapat kerusakan pada peralatan elektronik tersebut, makan sengatan listrik bisa saja terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement