Kamis 29 Jun 2017 09:46 WIB

Cara Beri Kado Terindah untuk Pernikahan Sahabat

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
kado
Foto: flickr
kado

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rata-rata orang menghadiri pernikahan minimal tiga kali setahun. Di Amerika Serikat, masyarakat menghabiskan setidaknya 127 dolar AS untuk membeli hadiah sebuah pernikahan, menurut data American Express. Satu dari lima orang AS tidak datang ke undangan pernikahan karena membutuhkan biaya ekstra, berdasarkan data Bankrate.com. Kabar baiknya, Anda tidak perlu menolak undangan hanya karena tak mampu membelikan hadiah untuk pasangan yang menikah.

Berikut beberapa tips memberikan hadiah terindah untuk pernikahan sahabat atau teman tanpa menyinggung perasaan mereka akibat hadiah kurang bagus atau tidak mahal, dilansir dari Moneyish, Kamis (29/6).

1. Berikan layanan pranikah

Cara terbaik memberikan hadiah terhebat tanpa mengeluarkan uang sepeserpun adalah memberikan layanan pranikah. Pakar hubungan dan etika, April Masini mengatakan jika Anda seniman grafis atau jago fotografi, Anda bisa menawari pasangan untuk dibuatkan desain undangan, atau foto pranikah. Jika Anda jago memasak, Anda bisa menawarkan pilihan menu atau membuatkan kue pengantin.