Selasa 11 Dec 2018 15:14 WIB

PAN Kalsel Dukung Jokowi, Pengamat: Dampak Oligarki Politik

Pengamat mengatakan dukungan DPW PAN Kalsel bukan hal yang mengejutkan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan
Pengamat Politik LIPI Syamsuddin Haris (kanan)
Foto: Republika/Prayogi
Pengamat Politik LIPI Syamsuddin Haris (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menilai, sikap DPW PAN Kalimatan Selatan yang menyatakan mendukung Jokowi-Ma'ruf, dan berbeda sikap dengan DPP PAN, bukanlah hal yang mengejutkan. Menurutnya, hal itu disebabkan dipaksakannya koalisi Prabowo-Sandiaga dan anggota koaliasi tak diberi kesempatan adil untuk berkontribusi.

"Koalisi Prabowo-Sandiaga sebetulnya enggak utuh. Karena itu paslon yang dipaksakan. Paslon itu hasil oligarki politik pada level Prabowo yang ketua umum Gerindra dan ketua parpol koalisi," katanya pada wartawan usai diskusi hasil penelitian prioritas nasional LIPI 2018 pada Selasa (11/12).

Syamsuddin merasa tak kaget dengan perubahan dukungan DPW PAN Kalsel. Sebelumnya, pengurus parpol koalisi Prabowo-Sandiaga di daerah sudah ada yang menyatakan perubahan dukungan. "Saya tidak kaget karena tiba-tiba ada DPW PAN dukung Jokowi atau DPC Demokrat ke Jokowi. Itu dampak oligarki politik," ujarnya.

Ia mengingatkan koalisi Prabowo-Sandiaga untuk melakukan konsolidasi internal. Sebab, perpecahan internal bakal berpengaruh ke Pileg yang serentak dilaksanakan dengan Pilpres 2019. "SBY sebelumnya bilang fokus saja ke Pileg enggak usah bahas Pilpres, ini inkonsisten rugikan Prabowo-Sandiaga. Padahal koalisi itu basis kokohnya ya solidaritas," ucapnya.

Baca juga: TKN Bersyukur DPW PAN Kalsel Dukung Jokowi-Ma'ruf

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mengkonfirmasi hadirnya dukungan dari DPW PAN Kalimantan Selatan. Erick menyambut baik dukungan tersebut. Ia menilai dukungan itu berasal dari kesamaan visi dengan Jokowi-Ma'ruf.

"Alhamdulilah teman-teman PAN di Kalsel, alhamdulilah deklarasi. Dan ini hal luar biasa, saya ucapkan terima kasih karena nuraninya sama ingin membangun secara seluruhnya (Indonesia)," katanya usai menemui KH Ma'ruf Amin di jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Senin (10/12).

Erick meyakini dukungan dari DPW PAN bakal berkolerasi positif dengan elektabilitas paslon Jokowi-Ma'ruf disana. Ia makin optimistis mencapai target kemenangan pada Pilpres 2019.

"Jadi saya yakin Allah selalu memberi yang terbaik kepada individu yang ingin memberi yang terbaik," ujarnya.

Sebelumnya, dukungan DPW PAN Kalsel dipublikasikan lewat video di media sosial. Video itu tersebar hingga viral. Deklarasi itu disebut PAN berawal dari aspirasi masyarakat lokal di Kalimantan Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement