Selasa 16 Apr 2013 10:09 WIB

Duh, Kok Bau Badan Ya?

Red: Endah Hapsari
Bau badan/ilustrasi
Foto: mademan.com
Bau badan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bau badan muncul akibat bercampurnya bakteri di bawah kulit dengan keringat. Nah, ketika keduanya bercampur, sang bakteri lantas mengeluarkan kotoran berupa bahan kimia alami. Kotoran inilah yang memicu bau tidak sedap alias BB (bau badan). 

Banyak hal yang memicu BB. Salah satunya adalah kebersihan tubuh yang tidak terjaga. Pemicunya? Malas mandi atau malas berganti pakaian. Tapi nggak selamanya BB disebabkan malas mandi. Ada orang yang produksi kelenjar keringatnya berlebihan. Meski orang ini sudah mandi berkali-kali, tubuhnya tetap saja menebar bau tak sedap. 

BB juga bisa muncul akibat makanan yang kita konsumsi. Pemicunya adalah makanan yang berbau menyengat. Contohnya bawang putih, bawang merah, bawang bombay, petai, jengkol, dan makanan yang pedas. Jadi, hindari makanan-makanan tadi.

Bukan cuma itu. Stres ternyata bisa mempengaruhi bau badan kita. Stres mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan. Salah satu yang terpengaruh adalah bau badan. Mengapa? Sebab, tatkala kita merasa gugup, dan gelisah, produksi keringat dalam tubuh kita terdongkrak. Meluber deh.

Nah, setelah tahu apa penyebabnya, sekarang kita bicarakan hal-hal yang bisa mengatasinya. Kunci utama mencegah timbulnya bau badan adalah menjaga kebersihan diri. Mandilah secara teratur minimal dua kali sehari dan berganti pakaian setiap habis mandi. Coba juga mandi dengan sabun antibakteri. Sebab ini dapat membantu membunuh kuman-kuman di tubuh. 

Selain itu gunakan deodoran untuk memberikan bau harum. Terutama deodoran jenis antiperspirant yang mampu menyumbat kelenjar keringat sehingga bisa mengurangi keringat berlebih. Ini adalah cara yang terbilang efektif. Bedak tabur juga bisa digunakan. Ia bisa menyerap keringat. Perhatikan pula pola makanan sehari-hari. Hindari makanan berbau menyengat. Perbanyak konsumsi air putih, sayuran, dan buah-buahan. Tenangkan pikiran agar terhindar dari stres. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement