Senin 11 Feb 2013 15:21 WIB

Agar Sepatu Tertata Cantik dan Rapi

Rep: Anjar Fahmianto/ Red: Endah Hapsari
Tempat penyimpanan sepatu
Foto: busydoor.com
Tempat penyimpanan sepatu

REPUBLIKA.CO.ID, Punya koleksi sepatu segambreng? Tak ada salahnya mulai ditata dengan apik. Untuk menatanya, telah tersedia aneka shoe cabinet atau tempat penyimpanan sepatu. Bukan hanya sepatu yang perlu dirawat, shoe cabinet juga harus dilirik keberadaannya.

Apalagi, ternyata merawat shoe cabinet untuk menjaga keindahan dan keawetannya tidaklah sulit. Perawatannya tidak jauh berbeda dengan furnitur pada umumnya.

Merchandizer Index Furnishings, Rima Kusnandar, memberikan sejumlah tips perawatan tempat penyimpanan sepatu sebagai berikut:

1. Untuk menjaga agar tidak kotor bersihkan sepatu terlebih dahulu sebelum disimpan di shoe cabinet. Sepatu yang dipakai di luar ruangan sering kali membawa debu atau kotoran lainnya.

2. Gunakanlah lap basah dengan air biasa untuk membersihkan kotoran yang menempel di shoe cabinet.

3. Jangan gunakan cairan kimia karena bisa merusakkan barang ini.

4. Jangan terlalu keras saat menarik raknya agar tidak merusak permukaan kayunya.

5. Hindarkan shoe cabinet agar tidak terkena air secara langsung. Misalnya air hujan karena atap bocor. Jika sering terkena air, bahan shoe cabinet yang terbuat dari MDF bisa rusak.

Rima menuturkan, yang banyak digemari konsumen saat ini adalah shoe cabinet dengan warna natural seperti black and walnut. Biasanya konsumen juga akan menyesuaikan warna furnitur di rumah dengan shoe cabinet-nya.

Menurutnya, ada juga konsumen yang menggunakan kabinet ini untuk keperluan lain yang sebenarnya keliru. Misalnya untuk penyimpanan pakaian atau makanan. Sebab kabinet ini juga ada rak-raknya hampir sama dengan lemari biasa.

''Hal seperti itu masih sering kami temui. Sebab masyarakat memang belum paham sepenuhnya tentang fungsi shoe cabinet,'' demikian Rima menerangkan.

Tempat penyimpanan sepatu ini dilengkapi dengan lubang-lubang ventilasi yang berfungsi sebagai sirkulasi udara. Sehingga bau yang tidak enak yang menempel pada sepatu bisa hilang. Jika tidak diberi lubang ventilasi, sepatu yang disimpan di dalamnya bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Shoe cabinet bisa ditempatkan di luar maupun dalam ruangan. Tapi kebanyakan konsumen menempatkannya di luar ruangan. ''Padahal sebetulnya shoe cabinet bisa ditempatkan di dalam ruangan karena bisa mempercantik penampilan ruangan,'' paparnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement