Rabu 07 Feb 2018 05:39 WIB

Kasus DNA Babi dan Keharusan Halal

Red: Elba Damhuri
Logo halal dari LPPOM MUI.
Foto:

Adapun kelompok obat tradisional, suplemen makanan, dan kosmetik secara umum tidak bersifat kedaruratan. Maka pertanyaan selanjutnya, bagaimana aturan ini diimplementasikan?

Salah satu produk yang terdeteksi DNA babi tersebut merupakan kategori suplemen makanan, yang jika mengandung atau berasal dari bahan tertentu (haram) tidak akan diberi izin edar (Pasal 4 ayat 2 pada Perka BPOM yang sama).

Untuk penggunaan ingredient di industri farmasi dan suplemen di BPOM berdasarkan registrasi daring, berbeda dengan kosmetika yang sudah bersifat notifikasi. Artinya, perusahaan mendaftarkan secara daring semua bahan atau sediaannya lengkap dengan formulasi detailnya hingga jumlahnya.

Bahan-bahan tersebut harus dilampirkan dengan informasi detail, termasuk CoA (certificate of analysis) yang memuat tentang sumber bahan tersebut. Selain registrasi daring produsen masih harus menyertakan data pendukung dalam bentuk hard copy.

Pertanyaannya, apakah isi Pasal 3 Perka BPOM itu menjadi bagian yang ditanyakan secara jelas? Berdasarkan pengalaman penulis, audit halal untuk ingredient suplemen, sepertinya tidak ada pertanyaan langsung yang mengarah ke isi Pasal 3 Perka BPOM itu.

Meski demikian, ada secara implisit pada CoA yang mempertanyakan sumber bahan tersebut. Namun, selayaknya produsen harus paham ingredient atau sediaan apa yang sedang mereka daftarkan ke BPOM, demikian pula isi Perka BPOM itu.

Apalagi, pada akhirnya produsen harus menandatangani surat pernyataan bahwa apa yang mereka sampaikan adalah informasi yang sebenarnya. Maka pelanggaran itu terjadi saat iktikad dan kepercayaan BPOM ke produsen ternodai.

Pengalaman penulis di LPPOM MUI, saat kami menemukan kesulitan informasi untuk menelusuri sumbernya, maka sudah menjadi aturan baku di lembaga kami agar produsen membuat pernyataan pork free facility dan atau pork free material.

Tentunya, pernyataan itu akan memiliki kekuatan hukum. Hal ini terbukti cukup ampuh bagi produsen yang memiliki tanggung jawab dan integritas yang tinggi, jika mereka tidak yakin, surat pernyataan itu tidak pernah muncul. Hal ini memastikan, ingredient itu tidak akan digunakan pada produk yang akan disertifikasi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement