Senin 06 Nov 2017 11:06 WIB

Wayang Ajen Ajak Pelajar Edukasi Wisata 'Gemar Main Wayang'

Red: Hazliansyah
Penampilan wayang ajen di festival pasar terapung, Kalimantan Selatan.
Foto: Kemenpar
Penampilan wayang ajen di festival pasar terapung, Kalimantan Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap khazanah budaya Indonesia. Seperti yang dilakukan kelompok seni dan budaya Wayang Ajen pada akhir pekan kemarin.

Bertempat di Alun-Alun Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dua orang dalang dari Wayang Ajen memberikan edukasi budaya tentang wayang. Lebih dari 200 pelajar SD dan SMP di Garut antusias mengikuti kegiatan ini.

Mereka dengan serius menyimak berbagai informasi yang disamapikan tentang wayang. Mulai dari sejarah dan filosofi wayang. Dan yang lebih menarik, anak-anak bisa merasakan langsung cara bermain wayang. Mereka mendapat kesempatan untuk berperan sebagai dalang.

Ki Dalang Wawan Ajen, pimpinan dari kelompok seni dan budaya Wayang Ajen menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari usaha pihaknya dalam membangun kesadaran bagi pelajar. Bahwa edukasi wisata budaya, khususnya wayang, sangat penting untuk pemahaman mereka. Sekaligus menciptakan pengalaman batin anak-anak terhadap wayang.