Selasa 15 Nov 2016 20:46 WIB

Kado untuk Para Veteran

Red: Arifin

Senyum cerah terpancar dari wajah 50 orang veteran pejuang kemerdekaan di Kalimantan Timur setelah mendapatkan bantuan renovasi atau bedah rumah. Melalui program BUMN Hadir untuk Negeri, PT Pupuk Indonesia bersama Hutama Karya dan Pupuk Kalimantan Timur merenovasi 50 unit rumah milik veteran di sana.

Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia A Tossin Sutawikara mengatakan, renovasi rumah veteran merupakan salah satu program kepedulian perusahaan yang digagas Kementerian BUMN sebagai wujud perhatian kepada lingkungan. BUMN merupakan agen pembangunan dan kehadirannya harus dapat dirasakan masyarakat,

ujar dia saat penyerahan rumah hasil renovasi di Balikpapan.

Bedah rumah veteran telah dilaksanakan sejak Juli 2016.

Penyelesaian bedah rumah lebih cepat dari target Desember 2016 menjadi awal November sehingga penyerahannya bisa dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Lima puluh rumah veteran yang direnovasi tersebar di Balikpapan sebanyak 20 unit, Samarinda delapan unit, Berau tiga unit, Bontang enam unit, Kutai Kartanegara atau Tenggarong tujuh unit, Tanah Grogot, dan Penajam enam unit. Program ini dilakukan berdasarkan survei. Rumah para veteran ini sebagian besar tidak memiliki lantai, dinding, atap, dan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) yang layak dan perlu segera diperbaiki.

Biaya renovasi setiap rumah diperkirakan sebesar Rp 40 juta per unit dan pelaksanaan kontruksi serta renovasi rumah-rumah tersebut dilakukan oleh tim dari Kodam VI Mulawarman, ujar Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim Meizar Effendi.

Selain renovasi rumah veteran, ketiga BUMN itu juga melakukan kegiatan CSR berupa bantuan elektrifikasi kepada 100 rumah tangga yang belum teraliri listrik, penjualan 1.500 paket sembako di pasar murah, pengadaan air bersih, pembinaan narapidana, dan pembinaan mantan atlet.

Program bedah rumah ini juga melibatkan jajaran Kodam VI Mulawarman. Berkat kerja sama ini, renovasi rumah bisa dilakukan dengan cepat mendahului rencana target yang ditetapkan pada Desember 2016. Sehingga, penyerahannya bisa dilakukan bertepatan dengan Hari Pahlawan. Ini menjadi nilai tambah yang baik, ujar Kepala Divisi Pengembangan Bisnis Hutama Karya, Sarjono.     rep: Budi Raharjo, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement