Selasa 29 Nov 2016 13:00 WIB

HPM Berbagi untuk Kemanusiaan

Red:

Honda Prospect Motor (HPM) bukan hanya fokus pada tujuan bisnis, perhatian kepada  lingkungan masyarakat juga menjadi komitmen  perusahaan. Hal ini mereka tunjukkan melalui program CSR betajuk "Honda for Indonesia"  dengan menggelar donor darah dan donasi satu unit Honda Brio dan mesin peraga.

"Honda For Indonesia ini merupakan program tangung jawab perusahaan yang melingkupi banyak hal, mulai lingkungan, keselamatan berkendara, kemanusiaan, pendidikan, dan sosial," kata President Director PT HPM di Pabri Honda Tomoki Ucida, di Karawang, Jawa Barat, pekan lalu.

Sumbangan satu unit mobil tersebut diberikan kepada Balai Latihan Kerja Pemkab Karawang. Donasi ini, menurut dia, merupakan bentuk kontribusi HPM untuk memajukan masyarakat lokal melalui produk dan kegiatan. Terlebih lagi iklim industri otomotif saat ini cukup berkembang baik di Tanah Air. Dia berharap, keberadaan HMP  dapat bermanfaat  dan semakin dekat dengan masyarakat.

Sedangkan, satu set mesin peraga beserta seperangkat alat kerja  diberikan pada SMK Negeri 1 Tirta Jaya sebagai bentuk kepedulian di bidang pendidikan. Ke depan,  para guru juga akan mendapatkan pelatihan, sehingga mereka  nantinya bisa  mentransfer ilmu teknologi yang dimiliki Honda kepada para siswa.

"Program donasi mesin ini sudah dilakukan, khususnya di Kabupaten Karawang sejak 2004 yang disalurkan kepada SMK, dan termasuk akan diberikannya pelatihan kepada pengajar SMK," kata HR Director PT HPM Adi Suryadi.

Sementara, aksi donor darah yang dilakukan oleh seluruh karyawan HPM juga telah berjalan sejak  2010. Selama lima tahun penyelenggaraan sebelumnya telah terkumpul sebanyak 3.824 kantong darah, tahun ini diharapkan lebih dari 900 kantong darah yang dapat disumbangkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

"Selain menyumbang darah, beberapa karyawan pun menyisihkan sebagian uang mereka untuk memberikan bantuan," kata Adi.

Tahun ini sudah terkumpul sebanyak Rp 90 juta yang akan disumbangkan ke  PMI dengan besaran  Rp 30 juta ke PMI Jakarta Pusat dan Rp 60 juta ke PMI Karawang. Uang tersebut merupakan sumbangan dari karyawan HPM yang berkerja di Karawang dan Sunter, Jakarta.

Di samping kegiatan CSR, Pemkab Karawang pun menaruh harapan besar kepada HPM untuk terus dapat membuka lapangan pekerja bagi masyarakat lokal. "Kami mengharapkan penyerapan tenaga kerja diusahakan berasal dari warga Karawang, sebagaimana diketahui pengangguran di Karawang masih menjadi yang terbesar," kata Asisten Administrasi Sekertaris Daerah Kabupaten Karawang Ramon Wibawalaksana.       rep: Dwina Agustin, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement