Banyak cara mendukung kemandirian para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Selain mempermudah mendapatkan pembiayaan melalui kredit usaha rakyat (KUR), cara lain, yaitu memfasilitasi promosi produk-produk UMKM ke sejumlah ajang pameran maupun festival.
Hal ini pula yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tatkala membantu para pelaku UMKM binaannya. Kali ini, salah satu bank BUMN itu melakukan promo produk milik para UMKM di gelaran Festival Jakarta Great Sale (FJGS) dalam rangkaian Ulang Tahun ke-487 Kota Jakarta.
Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria mengatakan, pihaknya bersama mitra binaan UMKM BRI ikut memanfaatkan ajang tersebut untuk memperkenalkan berbagai produk kreatif kepada masyarakat melalui pusat-pusat perbelanjaan maupun mal.
Di samping ikut menyemarakkan ulang tahun ke-487 Jakarta, ia mengungkapkan, bagi BRI momen Jakarta Great Sale sangat strategis karena bisa dimanfaatkan untuk membantu UMKM binaan. "Sehingga, mereka bisa melakukan promo produk sekaligus meningkatkan penjualan," kata Budi dalam pernyataan resmi di Jakarta, Ahad (29/6).
Menurut Budi, peran BRI terhadap pengembangan UMKM tidak hanya dengan pemberian fasilitas pinjaman saja, tetapi juga sebagai financial advisor serta memberikan pelatihan dan pembinaan kepada UMKM. "Momen Jakarta Great Sale ini salah satu sarana kami untuk turut mempromosikan produk-produk UMKM dari mitra binaan kami yang bertajuk ‘Teras BRI Nusantara’," ujar Budi.
Selain pameran, di beberapa Mal yang mempunyai ketersediaan space (ruang pameran) lebih luas, BRI juga menghadirkan open stage yang diisi dengan talkshow bertema kewirausaahaan.
Pihaknya sengaja menghadirkan stage di beberapa pusat perbelanjaan untuk memberikan keuntungan lebih kepada pengunjung. Karena selain belanja, para pengunjung juga bisa mendapatkan ilmu entrepreneurship.
Tema yang diambil untuk talkshow seperti yang dilaksanakan pada Sabtu (28/6) di FX Lifestyle X'center lt 3, di Sudirman, Jakarta Selatan, yaitu "UMKM Go Online?" dengan menghadirkan dua narasumber, CEO Brilliant Digital Communication Heri Ardin dan musisi yang juga berbisnis clothing dengan merek Nushock, Piyu.
Selain pemaparan mengenai trik-trik tentang cara meningkatkan penjualan, talkshow ini juga dimeriahkan dengan fashion show dan live music.
Menurut Budi, tema "UMKM Go Online" dipilih karena melihat bahwa teknologi informasi yang semakin pesat namun pemanfaatan teknologi ini oleh UMKM di Tanah Air masih belum maksimal.
Dengan mengambil materi yang lebih spesifik, seperti "Mengoptimalkan Fungsi Google Adwords" yang dibawakan narasumber Heri Ardin, Budi berharap pengunjung yang notabene merupakan UMKM di Jabodetabek bisa scara spesifik pula mengimplementasikannya kepada produk-produk yang dimiliki. "Harapan kami event seperti ini bisa merangsang UMKM untuk lebih kreatif dalam menjual dan semakin maksimal memanfaatkan teknologi informasi yang ada," kata Budi.
FJGS 2014 melibatkan sekitar 75 pusat perbelanjaan (mal) di Jakarta dan berlangsung selama 1,5 bulan mulai 7 Juni-19 Juli 2014. ed: zaky al hamzah