Kamis 15 Dec 2016 18:00 WIB

Teknologi Premium Harga Medium

Red:

Teknologi tinggi tak harus hanya menjadi monopoli kelas menengah ke atas. Biasanya, seiring waktu berjalan, teknologi premium yang awalnya hanya bisa dinikmati kelas pasar tertentu akan terus mengalami penyesuaian hingga bisa dinikmati segmen yang lebih luas lagi.

Menutup tahun 2016, Panasonic meluncurkan lini produk pendingin makanan terbaru mereka, yakni Panasonic BB Series. Lini produk terbaru ini sekaligus menyempurnakan model kulkas terdahulu yang diusung pabrik asal Jepang ini.

Dalam lini produk terbarunya, Panasonic menambahkan fitur Econavi. Fasilitas tersebut memungkinkan pengaturan pendinginan kulkas secara otomatis melihat dari kepadatan makanan dalam lemari pendingin.

Home Appliances Product Marketing Manager Panasonic Gobel Indonesia Frangky Purnomo Angelo mengatakan, Econavi merupakan fitur untuk kulkas di kelas premium. Dia mengatakan, fasilitas tersebut sengaja dihadirkan dalam seri BB yang membidik pasar kelas menengah.

"Jadi memang kita bawa teknologi advance ke pasar yang lebih kecil karena Econavi itu sebenarnya biasa dipakai sama teknologi premium kami," kata Frangky, di Jakarta, pekan lalu.

Menurut dia, fitur tersebut memang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan pasar di Asia. Lebih jauh, teknologi tersebut juga mampu menghadirkan tambahan 37 persen efisiensi energi.

Kemampuan menghemat energi hadir dari adanya tiga sensor untuk memaksimalkan pendinginan dalam lemari es. Sensor bekerja melalui frekuensi buka-tutup pintu, banyaknya makanan dalam lemari es, dan cahaya ruangan.

Ketiga sistem itu bekerja dan ditransformasikan dalam efisiensi listrik. "Econavi ini merukan teknologi yang hanya digunakan Panasonic," kata Franky.

Panasonic BB Series tersedia mulai dari kulkas satu pintu, dengan atau tanpa glass door, hingga dua pintu menggunakan glass door. Lini terbaru ini dibanderol dengan harga berkisar Rp 4 juta hingga Rp 6 juta, bergantung pada volume.

Jaga kesegaran makanan

Selain adanya fitur Econavi, lemari es terbaru Panasonic ini juga dilengkapi wadah khusus untuk menyimpan daging. "Penyimpan khusus itu sengaja kita hadirkan untuk mengatasi kebiasaan konsumen di Asia," ujar Frangky.

Kotak penyimpan khusus daging itu, lanjut dia, dihadirkan lantaran kebiasaan konsumen Asia yang kerap menyimpan segala sesuatu ke dalam lemari es. Ini membuat aroma makanan yang tajam bisa bercampur dengan makanan lain yang menyebabkan kurang segarnya makanan dalam kulkas.

Fitur isolate meat box itu juga ditunjang dengan pengatur kelembapan sehingga kualitas nutrisi dan kesegaran makanan yang disimpan tetap terjaga. Untuk memperkenalkan BB Series, Panasonic berencana melakukan peluncuran di tujuh kota di nusantara. Franky berharap strateginya mampu memasarkan 20 ribu unit dalam satu atau dua bulan mendatang.   

***

Memberi Fungsi Dekorasi

Saat ini kondisi ukuran perumahan di Indonesia semakin mengecil. Untuk menyiasatinya, tak jarang ruang tamu dan dapur dibuat terbuka tanpa penyekat.

Perangkat elektronik yang ada di dapur pun bertambah fungsinya menjadi dekorasi ruang yang menambah estetika. Guna menjawab kebutuhan itu, di penghujung 2016, Sharp memperkenalkan tiga model lemari es terbaru dengan mengedepankan fitur-fitur yang dibutuhkan konsumen.

Menawarkan konsep baru kepada konsumen di Indonesia, lemari es Kirei II hadir dengan ornamen bunga unik yang terinspirasi dari bunga buah mengkudu (Morinda citrifolia). "Pola bunga ini terpilih karena tumbuhan mengkudu merupakan tumbuhan khas Indonesia dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sesuai dengan perusahaan kami yang sangat peduli dengan isu kesehatan," ungkap Herdiana Anita Pisceria selaku product planning general manager.

Tersedia dalam tiga pilihan warna, merah muda, pink, dan putih, Kirei II hadir dalam dua tipe ukuran, yaitu satu pintu dengan kapasitas 184L, 166L, dan 133L. Kirei II ukuran satu pintu menawarkan freezer room yang lebih cepat dalam pembuatan es, semiautomatic defrost system yang mampu meluruhkan bunga es sehingga memudahkan proses pembersihan, meat case yang lebih kuat, dan tempered glass tray yang lebih kuat menahan beban. Lemari es Kirei II ukuran satu pintu ini dibanderol dengan harga Rp 1,5 sampai Rp 2 juta.

Sedangkan, Kirei II ukuran dua pintu menawarkan ruang penyimpanan yang lebih besar dan luas. Dengan fitur-fitur yang dirancang demi kenyamanan penggunanya, interior Kirei II ukuran dua pintu dilengkapi easy slide fresh dan vegetable case yang  mudah dibuka-tutup. Lemari es Kirei dua pintu dihargai antara Rp 2,9 hingga Rp 3,5 juta.     rep: Rizkyan Adiyudha, ed: Setyanavidita Livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement