Sabtu 14 Sep 2013 03:17 WIB

Bayern Muenchen Bungkam Kritik

Red: Zaky Al Hamzah
Pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi usai mengalahkan Manchester City pada final Piala Audi di Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Kamis (1/8).
Foto: EPA/Tobias Hase
Pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi usai mengalahkan Manchester City pada final Piala Audi di Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Kamis (1/8).

REPUBLIKA.CO.ID, Bayern Muenchen memang belum terkalahkan di Bundesliga Jerman musim ini. Bahkan di bawah arahan Pep Guardiola, the Bavarians berhasil meraih trofi pertama usai menekuk Chelsea pada ajang Piala Super Eropa 2013. Namun, prestasi tersebut seolah tak ada artinya. Pelatih berkepala plontos itu tetap saja menuai kritik dari sejumlah pihak.

Kritikan-kritikan tersebut dialamatkan pada taktik yang diterapkan Guardiola. Datang sebagai suksesor Jupp Heynckes, eks pelatih Barca itu langsung melakukan serangkaian perubahan. Salah satunya mengubah formasi yang sudah menjadi ikon Muenchen dari 4-2-3-1 menjadi 4-1-4-1. Sayangnya, sejauh ini perubahan formasi tersebut belum manjur untuk mendongkrak penampilan impresif Muenchen.

Buktinya pada laga terakhir di Bundesliga, Muenchen tampil kurang cemerlang dan harus rela berbagi poin dengan salah satu tim papan bawah klasemen sementara Bundesliga musim ini, Freiburg. Tak hanya itu, publik juga harus dibuat deg-degan ketika FC Hollywood harus menang secara susah payah melalui adu penalti atas Chelsea di Piala Super Eropa.

Kini, Guardiola kembali dihadapkan lagi pada ujian saat timnya menjamu Hannover di kandang sendiri, Allianz Arena, Sabtu (14/9). Bayang-bayang pesta gol yang pernah ditorehkan Muenchen saat masih dilatih Heynckes musim lalu menjadi ujian berat bagi seorang Guardiola. Publik tentu ingin mantan penggawa Barca itu mampu minimal meraih poin penuh di laga kandang. Kemenangan sangat penting sebagai upaya pembuktian diri sekaligus momen untuk membungkam sejumlah kritik.

Kemenangan juga menjadi harga mutlak demi mewujudkan ambisi Muenchen mengudeta Borussia Dortmund di papan teratas klasemen. ''Ini pertandingan yang sangat penting dan kami harus menang,'' kata pemain sayap Muenchen Arjen Robben seperti dikutip situs resmi klub.

Jika ditilik dari catatan statistik, Muenchen sebenarnya jauh diunggulkan ketimbang Hannover. The Bavarians sudah mengantongi 31 kemenangan dari 47 pertemuan yang sudah dilakoni. Di luar catatan apik tersebut, FC Hollywood tidak boleh lengah. Hasil seri kontra Freiburg dapat menjadi pelajaran penting.

Bek Muenchen Philipp Lahm meminta timnya tak melakukan kesalahan yang sama seperti saat meladeni Freiburg. ''Kami memiliki banyak peluang, tapi kami belum mampu memanfaatkan peluang itu dengan baik dan itu tidak boleh terjadi di laga selanjutnya,'' katanya seperti dikutip Foxsports.

Menjamu Hannover, skuat Guardiola bakal tampil agak pincang. Beberapa pemain pilarnya seperti Javi Martinez, Mario Goetze, dan Thiago Alcantra dibekap cedera. Sementara, Bastian Schweinsteiger sudah mulai pulih dari cedera, tetapi belum bisa dipastikan apakah ia akan dipasang pada laga nanti atau tidak.

Kubu tim tamu juga tak bisa disepelekan begitu saja. Hannover juga tengah on fire dan percaya diri setelah mampu meraih kemenangan telak atas Mainz 05, 4-1. Bagi Hannover, kemenangan itu bisa menjadi modal bagus menjelang lawatan ke kandang juara Liga Champions 2012/2013 itu. ''Kami dapat pergi melangkah ke sana (Allianz Arena—Red) dengan bebas tanpa kekhawatiran,'' ujar pelatih Hannover Mirko Slomka, seperti dikutip Skysports.

Namun, Hannover dipastikan tak akan diperkuat Mame Diouf yang terkena cedera. Padahal, performa Diouf sedang bagus-bagusnya. Pada awal musim ini, ia telah mencetak dua gol. n umi lailatul ahdiyah ed: endro yuwanto 

Perkiraan Formasi:

Bayern Muenchen (4-1-4-1)

Kiper:         Neuer

Belakang:     Van Buyten, Lahm, Dante, Alaba

Tengah:     Kroos, Robben, Shaqiri, Pierre, Weiser

Depan:         Mueller

Hannover  (4-4-2)

Kiper:         Zieler

Belakang:     Cherundolo, Felipe, Schulz, Leon

Tengah:     Schlaudruff, Stindl, Hoffmann, Rausch

Depan:         Ya Konan, Kadah

Lima Pertemuan Terakhir:

20-04-2013     Bundesliga     Hannover 1-6 Muenchen

24-11-2012     Bundesliga     Hannover 0-5 Muenchen

24-03-2012     Bundesliga     Hannover  1-2 Muenchen

23-10-2011     Bundesliga    Hannover 2-1 Muenchen

05-03-2011     Bundesliga     Hannover 3-1 Muenchen

Angka Jelang Laga:

1 - Hannover baru menelan kekalahan satu kali selama musim ini di kompetisi Bundesliga

2 - Thomas Mueller dan L Stindl sama-sama telah mencetak dua assist untuk klubnya masing-masing dan sejauh ini merupakan assist terbanyak untuk klubnya masing-masing.

9 - Bayern Muenchen baru menelan sembilan kekalahan dari 47 pertandingan yang sudah dilakoninya saat menghadapi Hannover

18 - Usia pemain termuda Muenchen dan Hannover sama-sama 18 tahun.

91- jumlah poin yang dicetak Muenchen musim lalu dan menjadikannya sebagai juara Bundesliga di musim itu.

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement