Senin 03 Oct 2016 14:00 WIB

Kopi Flores di Lidah Penikmat Kopi

Red:

Kopi flores telah mendapatkan tempat di hati para pecinta kopi. Bagi yang menyukai sesuatu yang baru, tidak akan terkejut ketika menyeruput cita rasa buah atau fruity yang keluar dari kopi ini. Na mun, bagi yang tidak terbiasa mungkin akan merasa sedikit aneh saat meminum kopi ini.

Direktur Pemasaran Kafe Kopi Formisa International, Ryan Damiano, mengatakan, kopi flores sifatnya masih preference bagi para penikmat kopi. "Umumnya orang di Indonesia suka cita rasa cokelat, sementara kopi flores ini cita rasa yang menonjol adalah fruity," kata Ryan kepada Republika di Jakarta belum lama ini.

Kopi flores memiliki empat varian unggulan yang selalu diincar para pembeli yaitu robusta, arabika, yellow caturra, dan juria. Secara keseluruhan, varian kopi ini memiliki rasa manis yang alami jika diolah dengan porsi tepat. Selain itu, kopi flores juga memiliki keunikan yang bisa mengeluarkan rasa mint.

Varian robusta dan arabika floreslah yang menjadi primadona. Bahkan, kedua varian ini sempat disematkan gelar sebagai kopi terbaik dalam Kontes Kopi Spesialty Indonesia (KKSI) ketujuh yang diadakan di Banyuwangi tahun lalu.

Walaupun saat ini masih bersifat preference, Ryan yakin, kopi flores bisa menyaingi ketenaran kopi gayo dan kopi toraja yang telah lebih dahulu akrab di lidah para pecinta kopi, mengingat semakin meningkatnya angka pecinta kopi di Tanah Air. "Sekarang ini growth-nya sangat luar biasa. Pemahaman konsumen soal kopi sudah meningkat jauh sehingga banyak sekali muncul orang yang idealis dengan kopi, khususnya kopi asli Indonesia," katanya.

Seorang pecinta kopi, Bastian Nugroho, mengakui kopi flores memiliki rasa unik yang tidak dimiliki oleh kopi-kopi lain. Contohnya, kopi flores varian arabika. Menurut dia, arabika flores mengeluarkan rasa lemon dan asam yang alami. "Saya juga pernah mencoba yellow caturra cita rasanya pahit dan ada nuansa rasa susunya," kata pria yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta Selatan ini.

Sementara itu, Iwan Kurniawan, penikmat kopi lainnya yang juga hadir di Festival Kopi Flores mengaku jatuh cinta dengan kopi flores baru beberapa tahun belakang. Selain karena cita rasanya, kopi flores sangat khas dengan aromanya yang kuat dan abadi, bahkan bisa membuat wangi satu ruangan ketika diseduh. "Kekentalannya yang pas membuat kopi flores terasa mantap saat diminum," kata Iwan. rep: Retno  Wulandari  ed: Citra Listya Rini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement