Sabtu 17 Dec 2016 18:00 WIB

Pejabat RI-Thailand Optimistis

Red:

JAKARTA -- Pejabat tinggi di Indonesia ataupun Thailand turut berkomentar menjelang laga leg kedua final Piala AFF 2016 antara kedua negara di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12). Mereka optimistis timnas kebangsaan mereka bakal menjadi juara.

Sebagaimana disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Markas Komando Pasukan Pengamanan Presiden di Jakarta, kemarin. Menurut dia, Indonesia akan kembali meraih kemenangan sebagaimana leg pertama lalu.

Menang pokoknyalah, ujar Wapres. Untuk itu, dia pun meminta agar seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama mendukung dan mendoakan perjuangan skuat Garuda.

Dari sisi permainan, Wapres menyebut Indonesia berpotensi besar memenangi pertandingan apabila mampu bermain seperti babak kedua laga leg pertama lalu di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12). Jangan kayak babak pertama, ada pertahanannya masih kurang. Nah, babak kedua luar biasa, jadi harapannya besar, katanya.

Sementara, Presiden Joko Widodo tidak akan menyaksikan langsung laga final leg kedua nanti di Bangkok. "Pak Presiden nonton di sini, di Jakarta. Tetapi, beliau secara langsung sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum PSSI dan Panglima TNI," ujar Seskab Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, Panglima TNI sudah meminta izin untuk berangkat menyaksikan langsung pertandingan tersebut, termasuk Menteri Agama dan Menpora. "Ya, mudah-mudahan dengan kehadiran itu menambah semangat timnas," katanya.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Edy Rahmayadi menjelaskan, sejak Kamis (15/12) sampai dengan Jumat (16/12), para prajurit TNI Angkatan Darat, khususnya di internal Komando Cadangan Strategis, mengadakan yasinan dan doa bersama. Tujuannya agar Indonesia bisa juara dan mengangkat Piala AFF di Thailand.

Edy, yang merupakan pangkostrad, juga mengajak masyarakat untuk berdoa sesuai keyakinan masing-masing untuk kemenangan tim Merah Putih dan kemajuaan sepak bola Indonesia.

Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita semua. Amin, tulis Edy dalam akun Twitter resmi pribadinya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meyakini, Indonesia akan menyingkirkan adangan Thailand untuk menjadi juara Piala AFF 2016. Kita sama-sama mengawal kemenangan timnas agar sejarah itu lahir untuk Indonesia, ujar Imam kepada Republika.

Menurut dia, semua elemen bangsa Indonesia pasti akan mendukung dan mendoakan skuat Garuda untuk tampil penuh semangat, berani, dan kompak sehingga hasil positif dapat dipetik.

Kita harus memenangi Piala AFF ini sebagai kado terindah menyongsong akhir tahun 2016. Karena, tahun 2017 kita akan mengikuti perhelatan Sea Games di Malaysia yang sudah tentu timnas akan tampil juga, kata Imam. Jika akhirnya titel tertinggi direbut, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial timnas serta keluarga dan suporter yang selalu menggelorakan Garuda Di Dadaku.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, rakyat Papua berharap kemenangan pada leg pertama bisa dipertahankan dalam pertandingan kedua nanti. Kami bangga. Rakyat Papua apresiasi dengan prestasi yang dicapai timnas sejauh ini, ujarnya.

Secara khusus, Lukas mengaku bangga dengan prestasi Indonesia lantaran dipimpin oleh putra asli Papua, yaitu Boaz Solossa. Boaz merupakan kapten tim asuhan Alfred Riedl tersebut.

Kami berharap tim kesebelasan Indonesia dapat lagi merekrut pemain-pemain sepak bola asal Papua, kata Lukas. Sebab, jika anak-anak kami banyak diambil, timnas akan semakin bagus, lanjutnya.

Semangat langsung

Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha bakal memberikan semangat langsung agar skuat Gajah Perang bisa mengandaskan Indonesia. Chan-o-cha mengatakan, bakal menonton langsung pertandingan leg kedua final Piala AFF di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12).

Pada leg pertama lalu, Chan-o-cha hanya menyaksikan pertandingan dari siaran televisi. Ia percaya, tim asuhan pelatih Kiatisuk Senamuang bakal bisa mempertahankan gelar juara Piala AFF 2016.

Tetangga kami (Indonesia) tim yang kuat. Tapi, kami adalah tim Gajah dan kami harus sabar (agar bisa juara). Semoga Thailand memenangkan pertandingan, kata Chan-o-Cha, seperti dikutip dari Bangkok Post.     rep: Dessy Suciati Saputri, Bambang Noroyono/antara, ed: Muhammad Iqbal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement