Sabtu 03 Oct 2015 17:43 WIB

Rekor Gol Cristiano Ronaldo

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Cristiano Ronaldo mencetak gol ke- 500 sepanjang kariernya dan menyamai koleksi gol Raul Gonzalez sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Real Madrid. Ronaldo membukukan hal itu ketika raksasa Spanyol tersebut menang 2-0 di markas Malmo pada ajang Liga Champions, Kamis (1/10) dini hari WIB.

"Saya sangat gembira. Saya berterima kasih kepada seluruh rekan-rekan setim yang telah membantu saya mencapai angka-angka ini. Membuat rekor di klub terbesar di dunia merupakan suatu kehormatan (bagi saya)," kata Ronaldo.

Pemain berusia 30 tahun itu menyarangkan gol ke-500 dan ke-501-nya untuk membawa Real meraih kemenangan atas sang juara Swedia pada pertandingan Grup A, yang juga mempertajam rekornya di Liga Champions menjadi 82 gol.

Sebagai tambahan, bintang Portugal ini menyamai koleksi 323 gol Raul untuk Real meski memainkan 400 pertandingan lebih sedikit untuk Los Blancos daripada sang legenda Spanyol.

Bagaimanapun, menurut catatan klub, Ronaldo telah menjadi pencetak gol terbanyak untuk Real sepanjang masa ketika mereka menambahkan gol yang secara resmi dicatatkan di La Liga Spanyol dibukukan oleh Pepe saat mereka kalah 1- 2 dari Real Sociedad pada 2010 silam.

"Ia telah melewati Raul yang begitu fenomenal dan itu memperlihatkan bahwa ia telah mencetak begitu banyak gol," ujar pelatih Real Madrid, Rafael Benitez.

"Mudah-mudahan, ia tidak memiliki batas. Saya katakan, ia tidak dapat dipertanyakan di masa lalu dan jasanya adalah apa yang telah ia capai dalam rentang waktu yang lebih sedikit dibandingkan yang lainnya," ujar pelatih berusia 55 tahun itu.

Dua gol ke gawang Malmo juga memba wa Ronaldo mengungguli Raul sebagai pen ce tak gol terbanyak untuk juara Eropa sepuluh kali itu di Liga Champions dengan 67 gol.

Ronaldo mencapai tonggak sejarah 500 gol pada pertandingan ke-753-nya. Sebelumnya, sebanyak 118 gol dicetaknya saat ia masih membela Manchester United. Sedangkan, lima gol lagi ia bukukan saat memperkuat klub masa kecilnya Sporting Lisbon. Sedangkan, 55 gol dicetaknya untuk timnas Portugal.

Pemain berjuluk CR7 itu meluapkan kegembiraannya dengan mengunggah sebuah foto di akun media sosial Instagram pribadinya, @cristiano. Dalam foto itu, CR7 sedang melakukan ekspresi usai mencetak gol ke-500. Ronaldo menyuntingnya dengan memberi bayang-bayang angka 500 dan disertai tanda tangan pemain asal Portugal itu di bawahnya.

"Saya bangga sudah mencetak 500 gol dalam sepanjang karier saya. Semuanya sangat spesial. Saya masih akan terus mencetak gol," tulis Ronaldo dalam catatan foto yang diunggah Ronaldo beberapa saat setelah laga melawan Malmo. c08/antara, ed: Fernan Rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement