Sabtu 17 Dec 2016 18:00 WIB

Pertahankan Takhta Bundesliga

Red:

Bayern Muenchen berhasil mengambil kembali singgasana Bundesliga Jerman setelah membantai Wolfsburg, 5-0, Sabtu (10/12) pekan lalu. Di hari yang sama, Rasen Ballsport Leipzig yang bertandang ke markas Ingolstandt harus menyerah 1-0 dan merelakan takhta tertinggi Bundesliga kembali ke tangan the Bavarians.

Hingga pekan ke-14, Muenchen dan Leipzig sama-sama mengumpulkan 33 angka, hasil 10 kemenangan, 3 kali seri, dan sekali kalah. Namun, produktivitas gol Muenchen jauh lebih bagus daripada tim yang baru promosi ke Bundesliga itu.

Pekan ke-15 ini, Muenchen akan menyambangi markas Darmstadt untuk menjalankan misi mempertahankan takhta klasemen. Sehari sebelumnya, Leipzig akan menghadapi Hertha BSC di Red Bull Arena. Persaingan untuk menduduki takhta tertinggi sementara Bundesliga Jerman masih ketat.

Siapa yang tergelincir bakal tersungkur dari kursi teratas klasemen sementara. Muenchen lebih berpeluang untuk mempertahankan urutan teratas. Mereka hanya menjamu tim yang secara kualitas bagai langit dan bumi.

Di atas kertas, perbedaan kedua tim sangat mencolok. Dari daftar peringkat di Bundesliga hingga pekan ke-14, keduanya sama-sama memegang kunci. Bedanya, Muenchen memegang kunci posisi paling atas, sedangkan Darmstadt memegang kunci juru kunci dan siap terdegradasi. Secara statistik, Muenchen tidak bisa dibandingkan dengan klub yang didirikan pada 1898 ini.

Muenchen sudah mengantongi 10 kemenangan dari 14 laga. Darmstadt, justru sudah mengantongi 10 kekalahan, baru dua kali menang dan dua kali hasil imbang. Secara produktivitas gol, Robert Lewandowski dan rekan-rekan sudah mencetak 34 gol dan hanya kebobolan 9 gol. Di kubu Darmstadt, mereka baru mencetak 11 gol dan sudah kebobolan 27 kali.

Ini akan menjadi laga beda kelas di liga paling elite di Jerman. Namun, skuat Ancelotti tidak mengenal belas kasih dalam urusan mencetak gol. Semakin banyak gol yang mampu mereka ciptakan, semakin mereka mengamankan posisi puncak dengan keunggulan produktivitas gol andai Leipzig juga mencatatkan kemenangan atas lawannya.

Ancelotti tentunya akan memanfaatkan laga melawan Darmstadt untuk menjajal strategi baru. Dalam sebuah latihan yang digelar di pusat latihan Muenchen, seperti dilansir dari laman resmi Bayern Muenchen, Ancelotti tetap menggelar latihan intensif.

Kali ini ada perbedaan dalam skema latihan Muenchen untuk mencoba strategi baru, yaitu lebih mengintensifkan tendangan tersistematis. Ancelotti berupaya meningkatkan peluang mencetak gol dari tendangan jarak jauh dan serangan yang tersistematis.

Skema serangan baru tersebut sudah menunjukkan bukti saat mereka melibas Wolfsburg. ''Seluruh pemain nyaman dengan sistem ini, kami dapat bermain dengan sebuah sistem,'' kata Ancelotti, dikutip dari laman resmi Bayern Muenchen.

Selain strategi dan formasi anyar yang akan diterapkan Ancelotti, pertahanan Muenchen juga semakin kokoh setelah bek tengah Mats Hummels bisa kembali diturunkan. Strategi baru juga membuka peluang lebih besar bagi Thomas Mueller untuk lebih sering diturunkan sebagai pelapis Lewandowski. Serangan sayap tetap dipercayakan kepada Frank Ribery dan Arjen Robben.

Di lini tengah, Ancelotti memiliki banyak pilihan, antara lain Arturo Vidal, Douglas Costa, Thiago Alcantara, Javi Martinez, atau Phillip Lahm yang bisa diposisikan sebagai gelandang bertahan. Artinya, Muenchen dapat turun dengan kekuatan penuh saat menjalani laga di kandang Darmstadt.

Di kubu tuan rumah, Darmstadt justru sedang merasa berada di jalur perbaikan. Meski kalah dari Freiburg pekan lalu, Pelatih Darmstadt Ramon Berndroth melihat hal positif dari seluruh anak asuhnya, yaitu komitmen untuk kembali pada performa terbaik mereka. Kondisi mental positif ini akan membawa daya juang saat menjamu juara bertahan Bayern Muenchen.

Berndroth mengatakan, selain mental positif, Darmstadt juga diprediksi mendapatkan suntikan moral dari seluruh pendukung yang memadati stadion Jonathan Heimes.

''Pertama kami akan memerbaiki kekurangan dan memberikan lebih banyak hal positif, kemudian mencoba untuk sedikit bangkit dari keterpurukan ini,'' ujar Berndroth, dikutip dari laman resmi Darmstadt.

Berndroth menjanjikan seluruh pemainnya akan berjuang bersama untuk mengalahkan Muenchen. Kemenangan melawan Muenchen dapat menambah suntikan moral seluruh pemainnya untuk kembali ke jalur kemenangan dan memperbaiki posisi mereka di klasemen sementara Bundesliga Jerman.    Agus Raharjo, ed: M Akbar

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement