Sabtu 17 Dec 2016 18:00 WIB

Waktunya Bangkit dari Periode Sulit

Red:

Atletico Madrid akan menjadi tuan rumah bagi Las Palmas dalam lanjutan jornada ke-16 La Liga Spanyol yang digelar di Estadio Vicente Calderon, Sabtu (17/12) malam WIB. Partai ini akan menjadi tolok ukur bagi Los Rojiblancos apakah mereka bisa bertahan di zona Eropa atau tidak.

 

 Tren buruk Atletico Madrid di La Liga masih berlanjut setelah mereka ditumbangkan tiga gol tanpa balas oleh Villarreal di Stadion EL Madrigal pekan lalu. Kekalahan tersebut membuat Los Colchorenos melorot ke posisi keenam klasemen dengan perolehan nilai 25 sekaligus membuat mereka keluar dari zona Eropa.

 

 Hasil tersebut membuat Atletico hanya menang sekali dari lima pertandingan terakhirnya di liga, sisanya tiga kali kalah dan sekali imbang. Kekalahan tersebut membuat Atletico terpukul. Kapten Gabi Fernandez mengatakan, saat ini timnya sedang berada dalam periode sulit.

 

 "Ini adalah laju tersulit bagi kami. Kami sudah memiliki lima tahun yang cukup sukses, tetapi kami harus memperlihatkan bahwa kami adalah sebuah tim sejati," terangnya kepada Cadena SER, disadur ESPN FC, tengah pekan kemarin.

 

 Gabi menambahkan, satu-satunya cara untuk bisa keluar dari situasi sulit adalah bekerja keras dan tetap bermain kompak satu sama lain tanpa harus memedulikan kritik dari luar. "Kami tidak seharusnya memikirkan soal target panjang. Fokus penting sekarang hanyalah memenangi partai berikutnya, mengalahkan Las Palmas," tegas pesepak bola 33 tahun itu.

 

 Sudah jatuh tertimpa tangga, mungkin pepatah itu tepat menggambarkan kisah Atletico saat ini, lantaran kiper utamanya, Jan Oblak, mengalami cedera seusai mendapatkan benturan dari pemain Villarreal Jonathan dos Santos.

 

 Setelah menjalani tes lanjutan, Oblak divonis mengalami dislokasi bahu. Akibatnya, dia harus naik meja operasi dan absen di beberapa laga ke depan.

 

 Pelatih Diego Simeone tentu tak ingin melihat timnya lama-lama bersedih dan harus segera bangkit untuk menatap laga selanjutnya. Pria asal Argentina itu berharap kondisi pahit ini cepat berubah dan tim kembali ke jalur kemenangan.

 

 "Sudah pasti kami mendapat tekanan berlebih dari luar. Namun, apa yang bisa kami lakukan sekarang adalah bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan. Kritikan tersebut bisa dijadikan acuan bagi kami untuk kembali ke jalur sebenarnya," tegas Simeone, dilansir laman resmi klub, Rabu (14/12).

 

 Menjelang laga kandang melawan Las Palmas di Vicente Calderon, Simeone menilai kemenangan tentu menjadi harga mati bagi armada The Mattress Makers. "Kami harus memenangkan laga ini."

 

 Di sisi lain, Las Palmas yang bisa dibilang sedang mencari bentuk terbaiknya setelah bermain imbang di empat laga terakhir tentu tak ingin menyianyiakan lawatan kali ini. Meski akan terasa sulit melawan Atletico di hadapan para pendukungnya, bagi Kevin Prince Boateng dkk kemenangan bukanlah hal yang tabu, terlebih mengingat kondisi Atletico saat ini sedang buruk.

 

 Tim yang diarsiteki oleh Quique Setien saat ini menduduki peringkat ke-10 klasemen sementara liga dengan perolehan nilai 21 dari 15 laga yang dimainkan, berbanding empat angka dari Atletico. Hasil positif di ibu kota nanti bisa membuka asa the Yellows mendekati zona Eropa.

 

 "Kami tentu diuntungkan dengan situasi yang saat ini menimpa mereka (Ateltico). Namun, sangat sulit bermain di markas lawan, jadi apa yang harus kami lakukan adalah bermain dengan baik hingga sepanjang laga," kata pelatih asal Spanyol itu, dilansir laman resmi klub.

 

 Dari tiga pertemuan kedua tim, Atletico Madrid memborong tiga kemenangan. Pertemuan terakhir terjadi pada 18 Januari 2016 silam.     rep: Anggoro Pramudya, ed: M Akbar

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement