Selasa 26 Jul 2011 13:51 WIB

Jadikah Pilot Garuda Mogok Terbang pada 28 Juli?

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Siwi Tri Puji B
Garuda Indonesia
Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Terbetik kabar, para pilot maskapai Garuda tetap akan melakukan aksi mogok terbang pada Kamis pekan ini. Langkah ini dilakukan menyangkut persoalan mereka dengan maskapai yang tak kunjung tuntas.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mustafa Abubakar, menyatakan dirinya sudah berkomunikasi dengan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, untuk menuntaskan kisruh di kalangan pilot. "Saya sudah panggil Dirut Garuda. Kelihatannya sudah hampir ada titik temu antara manajemen dengan APG (asosiasi pilot Garuda, red)," ujar Mustafa di kantornya.

Dia berharap rencana aksi mogok kerja yang akan dilakukan pada 28 Juli 2011 nanti tidak akan terealisasi. Mustafa menuturkan masalah kisruh pilot ini lantaran komuniksi yang belum tuntas. "Saya harap dalam satu board, manajemen dan pilot harus betul-betul duduk bersama secara internal seperti keluarga. Jangan ada gap antara majikan dengan buruh," papar Mustafa.

Sementara itu, Direktur Operasional Garuda Indonesia, Ari Sapari, kepada Republika, menegaskan pihaknya sudah terbuka untuk membahas tuntutan APG. Namun, ia mengatakan ketika pertemuan dengan manajemen dilakukan justru pihak APG mengundurkan diri untuk hadir.

"Kita terbuka bermusyawarah mencari solusi terbaik dengan mencari tahu apa tuntutan mereka. Tetapi, APG tidak hadir dan tidak pernah sampaikan langsung ke manajemen," jelas Ari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement