Senin 31 Oct 2011 06:52 WIB

Israel Serang Gaza Selatan, Seorang Palestina Tewas

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,RAFAH--Satu orang Palestina tewas dan seorang lagi cedera Minggu dalam serangan baru Israel di Gaza yang dilakukan beberapa jam setelah pejuang Palestina mengumumkan gencatan senjata, kata beberapa sumber medis. Serangan itu terjadi di dekat kota perbatasan Rafah, Jalur Gaza selatan, dan menaikkan jumlah korban tewas Palestina menjadi 10 sejak kekerasan berkobar pada Sabtu sore.

Beberapa saksi menyebut korban tewas sebagai Ahmed Jarghun, seorang pejuang sayap bersenjata Front Demokratis bagi Pembebasan Palestina (DFLP). Pria yang cedera juga anggota DFLP. Militer Israel belum berkomentar mengenai serangan itu, yang dilakukan di sebuah daerah sebelah timur Rafah dan berlangsung beberapa jam setelah gencatan senjata diberlakukan menyusul kekerasan yang menewaskan sembilan orang Palestina dan seorang warga Israel.

Beberapa sumber di Gaza mengatakan, DFLP adalah salah satu kelompok yang menandatangani gencatan senjata penengahan Mesir yang mulai berlaku selepas fajar, namun belum ada tanggapan segera dari kelompok itu. Sembilan korban tewas dalam serangan Israel pada Sabtu adalah pejuang dari Brigade Al-Quds, sayap bersenjata Jihad Islam.

Seorang pria Israel juga tewas setelah terkena pecahan roket yang menghantam kota pelabuhan Israel selatan, Ashdod, sekitar 30 kilometer dari Gaza. Daerah sekitar perbatasan Gaza relatif tenang dalam beberapa pekan terakhir setelah gelombang kekerasan pasca serangan gerilya 18 Agustus di Israel selatan yang menewaskan delapan orang Israel.