Kamis 22 Dec 2011 19:54 WIB

Malam Tahun Baru, Jalur Puncak Bakal Ditutup

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR--Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat akan menutup jalur Puncak pada malam Tahun Baru tepat pada Sabtu 31 Desember 2011.

"Penutupan arus ke arah Puncak akan dilakukan pada malam tahun baru yakni mulai dari pukul 19.00 WIB dari arah Jakarta menuju Puncak," kata Kepolres Bogor, AKBP Hery Santosi, di Cibinong, Kamis.

Kapolres menyebutkan, sebelum dilakukan penutupan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Puncak. Baik dari arah atas maupun dari arah bawah. Arus dari atas Puncak akan ditutup. Diberlakukan satu arus dengan memprioritaskan kendaraan dari arah ke bawah.

Rencana penutupan tersebut telah dikoordinasikan dengan Polres Ciajur yang juga memberlakukan peraturan yang sama akan menutup jalur Puncak pada malam pergantian tahun.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, jalur Puncak menjadi jalur yang padat didatangi oleh sejumlah masyarakat. Untuk menghindari kemacetan kita mengatur arus sejak awal sebelum malam tahun baru," kata Kapolres.

Dikatakannya, agar tidak terjadi penguncian, Polres Bogor juga melakukan sosialisasi terkait penutupan arus. Sehingga warga yang hendak ke Puncak dapat menyesuaikan keberangkatan.

Kapolres menyebutkan, pengaturan arus lalu lintas menjadi prioritas utama dalam pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2011. Sejumlah wilayah yang akan menjadi sasaran kemacetan pada malam Tahun Baru seperti Cibinong, Cileungsi, Citeureup, Jonggol, Bocimi, Parung dan Puncak.

Dalam pengamana Operasi Lilin Lodaya 2011, Polres Bogor menerjunkan 1.198 personel yang terdiri dari sejumlah institusi terkait seperti anggota TNI, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, PMI, DLLAJ, dan Dinas Kesehatan.

"Personel akan dibagi dalam lima satuan tugas yakni petugas deteksi dini dengan menyebar intel, petugas Sabara, petuga Tertib Lalu lintas, Satgas Penegak Hukum dan Satgas bantuan," kata Kapolres.

Setiap satgas lanjut Kapolres akan dibagi dua shift yang bertugas pagi dan malam. Dari 1.198 orang personel yang dikerahkan, 350 orang untuk personel lalu lintas.

Selain itu, di sepanjang jalur Puncak disiapkan empat pos pengamanan (PAM) masing-masing di Gadog, Megamendung, Cisarua dan Attawaun.

Sementara itu, untuk pengamanan misa Natal, lanjut Kapolres pihaknya melakukan pengamanan di setiap gereja-gereja yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor.

"Hingga kini sudah 124 gereja yang terdaftar dalam penyelenggaraan Natal. Personel sudah kita bagi untuk melakukan pengamanan di setiap gereja," kata Kapolres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement