Kamis 19 Jan 2012 15:29 WIB

KWI: Rakyat tak Sadar Soal Masa Depan Bangsa

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghadapi berbagai masalah dan problematika yang dihadapi bangsa, disadari bahwa penyebab dan solusinya justru ada pada masyarakatnya sendiri. Menurut tokoh dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Nur Situmorang, perlu ada kesadaran bersama atas kondisi bangsa guna mencari solusi dari polemik yang ada saat ini.

"Saya mengharapkan salah satu dasar untuk solusi, kesadaran kita terhadap realitas untuk negara," ujarnya dalam acara Silaturahmi Tokoh Bangsa Ketiga di PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (19/1).

Banyaknya permasalahan masyarakat yang ada, kata dia, akibat tidak adanya kesadaran atas kekurangan dan keburukan yang ada, serta tidak ada kejujuran dalam menerima kondisi tersebut. Jadi, yang paling penting, lanjutnya, harapan untuk solusi problematika adalah pada kesadaran yang tajam atas realitas.

Untuk itu, tambah Nur, masyarakat ataupun pemerintah harus mempunyai semangat kebangsaan yang tinggi. Hal ini, kata dia, harus dihidupkan dengan pilar-pilar bangsa negara ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement