Sabtu 28 Jan 2012 18:58 WIB

Cuaca Buruk, Penyeberangan Bali-Lombok Buka Tutup

Rep: achmad baraas/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR - Kegiatan penyeberangan Bali-Lombok melalui Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem-Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, hingga Sabtu (28/1) masih belum normal. Bahkan kegiatan arus penyeberangan di kedua pelabuhan itu diperkirakan baru akan normal pada Senin (30/1).

"Cuaca masih belum memungkinkan, jadi kegiatan penyeberangan masih sangat dibatasi. Kami tidak mau mengambil risiko," kata petugas lapangan di Pelabuhan Padangbai, kemarin.

Setelah sempat tutup total pada Kamis (27/1), kegiatan penyeberangan di Pelabuhan Padangbai masih dilakukan buka-tutup, tergantung keadaan cuaca. Kebijakan itu diambil pihak pelabuhan setelah memperhatikan peringatan piak BMKG Depasar, yang menyebutkan tinggi gelombang di selat itu berkisar antara 4-6 meter, sdangkan kecematan angin mencapat 40-50 knot.

Sementara itu pada Sabtu kemarin, kegiatan peneyeberangan di Padangbai hanya sampai pukul 16.00 Wita. Sementara pada Minggu esok, kegiatan akan dibuka pada 05.00 wita dan bila cuaca mendukung, akan dioperasikan hingga 16.00.