Kamis 02 Feb 2012 23:24 WIB

Tekan Tengkulak, Dompet Dhuafa Dirikan Koperasi Masyarakat

Red: Ramdhan Muhaimin
Suasana sebuah koperasi
Foto: wordpress.file
Suasana sebuah koperasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PARIAMAN (ANTARA) - Lembaga Sosial Dompet Dhuafa mendirikan Koperasi Serba Usaha Solusi Terencana Finansial atau KSUSTF dengan nama Baladil Amiin di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.

"Koperasi tersebut sebelumnya merupakan program pemberdayaan ekonomi mikro Minang Social Trust Fund (M-STF) Dompet Dhuafa di Kabupaten Padangpariaman yang diubah menjadi koperasi serba usaha guna kemaslahatan lebih lanjut bagi masyarakat sekitar," kata Presiden Direktur Dompet Dhuafa Pusat, Ismail A. Said di Padang Pariaman, Kamis (2/2).

Pendirian koperasi itu ditandai dengan serah terima aset program Social Trust Fund (STF) kepada Koperasi Baladil Amiin yang juga dihadiri perwakilan Bupati Padangpariaman, Camat Lubuk Alung, serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

"Cikal bakal dari Koperasi Baladil Amiin ini merupakan Program Dompet Dhuafa dengan tujuan menopang ekonomi masyarakat Padang Pariaman yang sempat terpuruk akibat gempa besar 30 September 2009," katanya.

Menurut dia, program tersebut mampu menekan praktik tengkulak yang sempat menjamur di tengah masyarakat.Berselang satu tahun, penerima manfaat MSTF ini juga mampu mengumpulkan infak sebesar Rp35 juta, yang kemudian digulirkan untuk penerima manfaat yang baru, penerima manfaat tahap kedua.

Lebih lanjut dia mengatakan, dua tahun program M-STF telah berhasil bertransformasi menjadi sebuah koperasi utuh dengan tujuan lebih luas guna menyejahterakan para anggota yang jumlahnya diperkirakan akan lebih banyak dibanding penerima manfaat dari program M-STF.

"Dompet Dhuafa selalu mengelola maksimal donasi masyarakat se-Indonesia dan penyaluran dana zakatnya dibentuk sedemikian rupa dengan program yang memiliki target nyata," kata Ismail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement