Rabu 14 Mar 2012 13:53 WIB

Mau Coba Wiski Halal ?

Rep: Hannan Putra/ Red: Hafidz Muftisany
Wiski berlabel halal ArKay
Foto: springwise.com
Wiski berlabel halal ArKay

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Amerika mengembangkan minuman penghangat badan ini, sebuah perusahaan penyulingan wiski yang berbasis di Florida, Amerika Serikat, Scottish Spirit Ltd, mencoba terobosan baru.

Mereka menciptakan wiski bebas alkohol. Wiski itu diberi nama ArKay dan diklaim tidak mengandung alkohol, namun rasanya tetap sama dengan wiski pada umumnya.

ArKay dinyatakan halal karena sudah mengantungi label halal dari The Islamic Food & Nutrition Council of Amerika. Ada tertera label halal, sehingga ArKay bisa dipasarkan keberbagai belahan dunia, termasuk negara-negara Asia dan Timur Tengah yang mayoritas penduduknya muslim.

Memang ada pro kontra dengan hadirnya wiski bebas alkohol ini. Glend Chapman, anggota Scotch Whisky Association, AS sempat mengatakan sepertinya mustahil ada wiski tanpa kandungan alkohol. “ Asosiasi kami justru meragukan bahwa ArKay hanya melakukan eksploitasi terhadap reputasi wiski dengan melakukan provokasi pemasaran yang tidak bertanggung jawab, yakni dengan mengatakan wiski bebas alkohol,” paparnya.