Kamis 21 Jun 2012 12:05 WIB

Presiden SBY Tiba Di Brasil Hadiri KTT Rio+20

Rep: Esthi Maharani/ Red: Djibril Muhammad
Presiden SBY
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Presiden SBY

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Galeao Air Force Base Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (20/6) pukul 10.30 waktu setempat atau pukul 21.30 di Jakarta. Kedatangan kepala negara itu untuk mengikuti Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan atau dikenal sebagai KTT Rio+20 setelah KTT G-20 di Los Cabos, Meksiko.

Dikabarkan dari situs www.setkab.go.id, Presiden langsung menuju Hotel Astoria, di kawasan Pantai Copacabana, tempat menginap selama di Rio. Keesokan harinya, Presiden SBY akan berada di Riocenter, di pinggiran kota Rio untuk mengikuti rangkaian acara KTT.

Rangkaian acara di Rio de Janeiro diawali dengan upacara pembukaan KTT Rio+20 pada pukul 15.00 waktu setempat, dilanjutkan dengan resepsi penerimaan yang diselenggarakan tuan rumah Presiden Brasil Dilma Roussef.

Pada pukul 19.00, Presiden akan menghadiri Konferensi Ekonomi Hijau. Konferensi ini merupakan agenda sisipan atau side event yang diprakarsasi Indonesia. Konferensi bertemakan 'Moving Towards Sustainability: Together We Must Create The Future We Want'.

Pertemuan Rio+20 merupakan puncak pertemuan pembangunan berkelanjutan keempat sejak 1972. Konferensi dihadiri sekitar 115 pemimpin dunia dan 50 ribu peserta dari seluruh dunia, termasuk eksekutif perusahaan dan perwakilan dari lembaga swadaya masyarakat.

Presiden akan berada di Rio hingga Jumat (22/6) pagi, dan selanjutnya Presiden akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Ekuador. Menyertai Presiden dalam kunjungan ke Rio ini, antara lain, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menlu Marty Natalegawa, Mendag Gita Wirjawan, dan Seskab Dipo Alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement