Jumat 22 Jun 2012 13:46 WIB

Coklat Jayapura Tembus Pasar Internasional

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Dewi Mardiani
Biji kakao, ilustrasi
Foto: Antara
Biji kakao, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kakao (coklat) kini menjadi primadona dari beragam hasil hutan yang ada di Papua. Di pasaran internasional, pasta coklat dari Jayapura bisa mencapai harga 30 dolar AS per kilogram. Harga yang sama juga berlaku di Jepang.

“Dalam tiga bulan, kami mengekspor 11 ton coklat melalui Alter Trade Japan (ATJ),” ujar  Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Namblong Indah Mandiri, Jayapura, Bernard Giay, pada Kongres Asosiasi Wirausaha Kehutanan Masyarakat Indonesia (AWKMI) di Semarang, beberapa waktu lalu.

Padahal, jelasnya, ekspor coklat  11 ton itu hanya didapat dari sekitar tiga ribu hektar kebun. Sedangkan di Jayapura terdapat setidaknya 22 ribu hektare kebun kakao. Pada saat ekspor ke Jepang, coklatdi Jayapura diserang hama, “Jika saja hama tertangani dan jangkauannya lebih luas,tentu ekspornya lebih besar,” jelas Bernard.

Ia menambahkan, koperasi yang diketuainya baru beroperasi sejak Oktober 2011. Wilayahnya meliputi Jayapura bagian selatan, Distrik Kemtuk, Kemtukgresi, Nimboran, Namblong, dan Nimbokrang. Daerah-daerah tersebut lazim disebut Grimenawa, pusat produksi kakao Jayapura.