Senin 16 Jul 2012 10:12 WIB

Test Drive Mobil Listrik, Ini Kata Dahlan Iskan

Walikota Depok Nurmahmudi Ismail melakukan test ride mobil listrik saat melintas di jalan Jatimulya, Depok, Jawa Barat, Jum'at (13/7). Mobil listrik ciptaan warga Depok Dasep Ahmadi tersebut di produksi oleh PT. Sarimas Ahmadi Pratama di jalan Jatimulya No
Foto: Antara
Walikota Depok Nurmahmudi Ismail melakukan test ride mobil listrik saat melintas di jalan Jatimulya, Depok, Jawa Barat, Jum'at (13/7). Mobil listrik ciptaan warga Depok Dasep Ahmadi tersebut di produksi oleh PT. Sarimas Ahmadi Pratama di jalan Jatimulya No

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan melakukan uji coba (test drive) mobil listrik, Senin (16/7). Dalam uji cobanya Dahlan mengingatkan agar pengembangan mobil listrik harus difokuskan pada mutu kendaraan tersebut.

"Yang diutamakan dari kendaraan tersebut pertama adalah mutu, ke dua mutu, ke tiga mutu, ke empat mutu dan ke lima juga mutu," kata Dahlan Iskan ketika akan melakukan uji coba kendaraan mobil tersebut di bengkel PT Sarimas Ahmadi Pratama, Kota Depok, Senin.

Menurut dia, setelah mutu telah teruji maka baru dibuat peraturannya dan juga infrastruktur untuk pengembangan mobil listrik tersebut.

Test drive atau uji coba kendaraan tersebut langsung dikendarai oleh Dahlan Iskan dan pembuat mobil tersebut, Dasep Ahmadi. Dahlan merasa gembira karena uji coba tersebut telah dilengkapi dengan surat Jalan dari kepolisian setempat. "Uji coba tersebut resmi dan ada surat jalannya," kata Dahlan sembari bertepuk tangan.

Dahlan mengatakan sebenarnya kendaraan listrik tersebut bukan mobil ataupun motor tetapi merupakan kendaraan karena tidak ada kapasitas mesin atau CC. Mengenai harga mobil istrik tersebut, mantan dirut PLN tersebut berharap bisa lebih murah dari mobil biasa.

"Harapan kita memang seperti itu karena akan ada keringanan pajak ataupun insentif-insentif tertentu," ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail, Jumat (14/7) melakukan uji coba mobil listrik dari bengkel PT Sarimas Ahmadi Pratama, Kampung Sawah, Depok menuju Balaikota Depok yang menempuh jarak sekitar 5 kilometer.

"Bila sudah teruji, saya akan menjadi orang pertama yang pesan mobil ini dan akan menggunakannya pada 17 Agustus mendatang," katanya.

Pihaknya memberikan dukungan untuk berdirinya pabrik mobil listrik di Kota Depok. "Kemunculan mobil listrik ini merupakan sebuah bukti kemandirian bangsa dan lahirnya industri mandiri yang kreatif dan mampu bersaing dengan negara-negara lain," katanya.

Ia juga mengatakan keunggulan mobil listrik ini sangat banyak, diantaranya tidak bising, tidak ada getaran, irit, dan tidak memiliki gas buang, sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

Mobil listrik yang berkecepatan hingga 120 km/jam ini merupakan hasil karya salah satu lulusan ITB, Dasep Ahmadi.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement