Senin 20 Aug 2012 13:33 WIB

Kampanye Obama Dominasi Media Sosial

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Mitt Romney-Obama
Foto: csmonitor.com
Mitt Romney-Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ketika kampanye pemilu Presiden AS mulai memanas, kedua kandidat dan pendukungnya mulai bergerak terutama menjelang peperangan November.

Khusus di dunia maya dan Web, yang kini memimpin konsumsi media di Amerika Serikat, tim Presiden Obama membuat upaya lebih besar untuk menjangkau dan merangkul pemilih ketimbang kubu lawan, mantan Gubernur Massachusett, Mitt Romney. Temuan itu diungkap dalam studi terbaru proyek Excellence in Journalisme, Pew Research Center.

Hasil tanggapan dari luar, kedua kandidat pada umumnya memposting berita positif. Setiap kandidat melontarkan kebijakan dan prestasinya. Namun analisa juga menemukan postingan bernuansa negatif lebih besar dari kubu Romney. Sekitar sepertiga postingan Romney, fokus mengkritik Obama. Sementara Obama, hanya 14 persen pesan yang sengaja ditujukan menarget lawan.

Direktur Project for Excellence in Journalisme, Amy Mitchell, menyatakan Romney juga meningkatkan aktivitas di sosial media dan upaya online dalam beberapa hari terakhir. Namun langkah itu tak mengubah posisi kubu Obama yang telah melakukan kampanye online lebih luas.