Kamis 30 Aug 2012 01:44 WIB

Serangan di Pos Afghanistan, 6 Tentara Tewas

Red: Dewi Mardiani
Taliban Pakistan
Foto: AP
Taliban Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, PESHAWAR -- Sedikitnya enam tentara Pakistan tewas dalam bentrokan setelah gerilyawan menyerang pos pemeriksaan pada Rabu (29/8), kata pejabat, seperti dilansir AFP. Puluhan gerilyawan bersenjata roket dan granat menyerbu pos pemeriksaan di desa Surang Baba Ziarat, sekitar 30 kilometer utara Wana, kota utama kabupaten suku Waziristan Selatan.

Enam tentara telah dikonfirmasi tewas dalam bentrokan itu dan tujuh lainnya luka-luka, kata pejabat itu, dan menambahkan bahwa jumlah korban yang tewas kemungkinan meningkat. Sepuluh gerilyawan tewas, katanya. Seorang pejabat keamanan kedua memastikan jumlah korban tewas adalah gerilyawan, namun mengatakan sembilan personel keamanan meninggal.

Daerah itu ditutup untuk wartawan dan pekerja bantuan, karena itu tidak mungkin untuk mengkonfirmasi jumlah korban yang tewas secara independen.

Juru bicara Taliban Pakistan Ehsanullah Ehsan mengeklaim dalam satu pembicaraan telepon bahwa gerilyawan telah membunuh lebih dari 12 tentara dan hanya satu gerilyawan yang dibunuh, meskipun kelompok itu sering melebih-lebihkan korban militer.