Sabtu 08 Sep 2012 01:00 WIB

900 Ribu Jiwa Berada di Zona Rawan Tsunami

Red: Yudha Manggala P Putra
Gempa bumi yang memicu tsunami dahsyat di Jepang pada Maret lalu.
Foto: AP
Gempa bumi yang memicu tsunami dahsyat di Jepang pada Maret lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat sebanyak 900 ribu jiwa berada di zona rawan tsunami di Sumatera Barat yang memerlukan upaya penyelamatan dan evakuasi jika bencana tersebut terjadi.

Oleh sebab itu kepala daerah di Sumbar yang wilayahnya berada di sepanjang garis pantai barat Sumatera diminta proaktif untuk melakukan berbagai upaya penyelamatan warga, kata Kepala BNPB Syamsul Maarif di Kota Pariaman, Jumat (7/9).

Ia menyampaikan hal itu saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka peninjauan rencana pembangunan shelter evakuasi tsunami di Desa Nareh I Kecamatan Pariama Utara, Kota Pariaman.

Menurutnya, 900 ribu jiwa tersebut tersebar di tujuh kabupaten dan kota di sepanjang pantai barat Sumatera antara lain Kabupaten Pesisir Selatan, Padangpariaman, Agam, Pasaman Barat, Mentawai, Kota Padang dan Pariaman. Karena itu, salah satu solusi untuk melakukan evakuasi masyarakat adalah dengan membuat shelter setiap radius 500 meter setinggi 10-12 meter, kata dia.