Jumat 14 Sep 2012 11:45 WIB

Mensos Resmikan Kampung Siaga Bencana Morotai

Red: Hafidz Muftisany
Mensos Salim Segaf
Foto: gresnews.com
Mensos Salim Segaf

REPUBLIKA.CO.ID, MOROTAI - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri meresmikan Kampung Siaga Bencana di Desa Daruba Pantai Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara, Jumat (14/9)

Menteri Sosial tiba di lokasi peresmian disambut simulasi bencana yang dilakukan puluhan warga setempat.

Kampung Siaga Bencana adalah bentuk keterlibatan masyarakat untuk sadar bencana dan melakukan upaya penyelamatan. Desa Daruba Pantai dipilih sebagai Kampung Siaga Bencana karena letaknya yang berada di pesisir dan rawan bencana.

"Kampung Siaga Bencana ini dibuat untuk mempersiapkan masyarakat jika terjadi suatu bencana masyarakat memahami apa yang harus dilakukan," kata Menteri Sosial.

Menteri mengatakan, saat ini sudah 100 Kampung Siaga Bencana yang dibentuk di 33 provinsi karena melihat rentannya wilayah tanah air dari berbagai bencana alam.

Menurut Menteri Sosial, dibuatnya Kampung Siaga Bencana memiliki semangat untuk saling tolong-menolong dan masyarakat pada awal terjadi bencana bisa langsung menyelamatkan diri.

"Kita tidak mengharapkan bencana, tapi kalau terjadi kita sudah siap," tambah Menteri Sosial.

Setelah terbentuk Kampung Siaga Bencana, Kementerian Sosial selain memberikan pelatihan penyelamatan diri terus-menerus bagi masyarakat juga membantu menyediakan stok penyangga sehingga masyarakat saat terjadi bencana tidak perlu menunggu bantuan dari pemerintah.

Kementerian Sosial merencanakan akan membuat 50 Kampung Siaga Bencana pada 2013 yang dibentuk di daerah-daerah rawan bencana alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement