Rabu 11 Jul 2012 15:22 WIB

Jokowi Unggul di TPS Faisal Basri

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Hazliansyah
Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memberikan salam metal ketika melakukan kampanye terbuka yang bertajuk
Foto: Antara
Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memberikan salam metal ketika melakukan kampanye terbuka yang bertajuk "Karnaval Kotak-kotak" di Senayan, Jakarta, Minggu (1/7). Dalam kampanye terbuka Jokowi mempertanyakan APBD DKI selama 5 tahun yang berjumlah Rp 1

REPUBLIKA.CO.ID, RAWA BARAT -- Hasil akhir penghitungan suara di TPS 007, Rawa Barat, Jakarta Selatan, dimenangkan oleh pasangan Jokowi-Basuki. Perolehan suara sebanyak 83 suara dari total 173 suara, mengungguli pasangan Faisal-Biem sebanyak 43 suara.

Total suara yang sah sebanyak 171 suara. Dua kertas suara tidak sah karena tidak dicoblos dan hanya ditandai dengan tinta.

Perhitungan suara yang diperoleh yaitu Foke-Nara sebanyak 30 suara, Hendardji-Riza sebanyak 2 suara, Jokowi-Basuki 83 suara, Hidayat-Didik 7 suara, Faisal-Biem 43 suara, dan Alex-Nono 6 suara.

Tidak hanya di TPS 007, di TPS 004, Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jokowi pun menang Telak. Selain itu di daerah Jatinegara Jokowi pun unggul.

Istri Faisal Basri, Fitrie Nasution yang hadir dalam penghitungan suara bersama ketiga anaknya mengakui kemenangan Jokowi di atas suaminya.

"Penyelenggara Pilkada disini terbukti bersih dan bagus kinerjanya, jadi keunggulan ini dapat dipertanggungjawabkan," kata dia.

Menanggapi posisi Faisal-Biem sebagai urutan kedua, Fitrie mengemukakannya sebagai pembelajaran politik di masyarakat dalam Pilkada. Hal ini, tutur Fitrie, bukti bahwa calon independen pun mampu bersaing dalam perolehan suara dengan calon dari partai.

Dengan 151 jumlah golput di TPS ini, masih memungkinkan untuk kemenangan golput.

"Kemenangan Foke saat 2007 pun bukan mutlak, karena sebenarnya yang menang adalah suara golput," tambahnya.

Ia pun mengakui bahwa pengaruh partai PDI cukup kuat di daerah ini. Maka kemenangan Jokowi menjadi hal yang wajar menurutnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement