Rabu 12 Dec 2012 14:00 WIB

Melebihi Kapasitas, Bandara Sultan Hasanuddin Perlu Diperluas

Red: Hazliansyah
Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawes Selatan.
Foto: Blogspot.com
Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawes Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kondisi Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menjelang melebihi kapasitas.

"Normalnya penumpang yang dilayani adalah tujuh juta orang per tahun, namun kini sudah mencapai delapan juta orang per tahun," kata Komisaris Utama PT Angkasa Pura I Suratto Siswodihardjo pada workshop kebandarudaraan di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, jumlah penumpang rata-rata mencapai 21 ribu orang per hari. Sedang pertumbuhan penumpang mencapai 13 persen per tahun.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, diprediksi lima tahun ke depan jumlah penumpang dapat mencapai 13 juta orang.

"Karena itu, perluasan bandara sudah sangat mendesak untuk pengembangan kapasitas terminal dua kali lipat, demikian pula fasilitas lainnya," katanya.

Menurut dia, apabila hal itu tidak segera dilaksanakan, maka dikhawatirkan bandara seperti pasar yang memiliki tingkat kesemrawutan yang cukup signifikan.

Dia mengatakan, selain upaya mengembangkan wilayah bandara, PT Angkasa Pura I tengah membangun hotel yang ditargetkan rampung pada pertengahan 2013.

Karena itu, penumpang tidak perlu membuang waktu ke Kota Makassar mencari hotel, tapi cukup menggunakan fasilitas yang telah disiapkan di kawasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement