Jumat 14 Dec 2012 19:56 WIB

Terkait Transkrip dengan Rosa, Angie Tuding Ada Manipulasi

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Dewi Mardiani
Angelina Sondakh dan Mindo Rosalina Manullang
Angelina Sondakh dan Mindo Rosalina Manullang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu alat bukti yang dimiliki penyidik yaitu adanya transkrip percakapan dengan Mindo Rosalina 'Rosa' Manulang dengan terdakwa Angelina 'Angie' Sondakh di Blackberry (BB) miliknya pada awal 2010. Hal ini terus dibantah Angie hingga di persidangan, bahkan Angie menuding ada manipulasi terkait percakapan tersebut.

"Ternyata pernyataan transkrip itu bukan disadur dari BB (Blackberry) tapi ketika diambil dari SIM Card. SIM Card itu sangat rawan dilakukan manipulasi," kata Angie dalam persidangan dengan agenda pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (14/12).

Ketua majelis hakim, Sudjatmiko pun terkejut dengan ucapan Angie. Dia lalu menanyakan maksud pernyataan tersebut, apakah Angie ingin mengatakan KPK telah melakukan manipulasi terkait transkrip tersebut. Angie pun gelagapan.

Ia membantah jika menuduh KPK telah melakukan manipulasi tersebut. Ia berkelit SIM Card yang kemudian ditranskrip ada di dalam BB milik Rosa dan SIM Card itu ikut disita. Ia melihat ada kejanggalan-kejanggalan antara isi transkrip dengan pernyataan Rosa dalam persidangan. "Maka di situlah ada kejanggalan-kejanggalan oleh Rosa, bukan oleh KPK," kilahnya.