Senin 11 Feb 2013 14:21 WIB

Ini Dampak Positif PAN Tampung PDS

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Karta Raharja Ucu
Partai Amanat Nasional (PAN).
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Partai Amanat Nasional (PAN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PAN diprediksi bakal mendapatkan dampak positif dari keputusannya berkoalisi dengan Partai Damai Sejahtera (PDS).

Soalnya, partai-partai yang tak lolos verifikasi KPU ke Pemilu 2014, bisa mendapat tempat. Dan kesediaan PAN menampung PDS dinilai bakal menarik simpati masyarakat.

Sehingga partai-partai yang memiliki banyak persamaan ideologi dan perjuangan, ke depannya tak perlu lagi membentuk banyak partai.

“Jadi untuk apa kalau ideologi sama tapi berpisah-pisah. Lebih baik bergabung karena akan mengurangi ongkos politik yang mahal,” kata Pengamat Politik Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Saiful Umam, Senin (11/2).

PDS yang tak lolos menjadi peserta Pemilu 2014 memutuskan bergabung dengan PAN. Selain PDS, juga ada dua partai lain yang merapat ke partai berbasis massa Muhammadiyah tersebut. Yaitu, Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK) dan Partai Matahari Bangsa (PMB).

"Berbagai cara berkoalisi terus dilakukan, sudah ada PNBK, PMB, dan PDS, karena partai ini inklusif atau terbuka," kata Ketua Umum DPP PAN, Hatta Rajasa, saat berada di Bandar Lampung, Ahad (10/2) petang.

Ketiga parpol tersebut, saat ini sedang melakukan penggalangan menuju pemilu 2014. Mengenai koalisi dengan parpol Islam lain yang tidak lolos verifikasi, Hatta menegaskan PAN selalu melakukan pendekatan dan komunikasi dengan pihak mana pun.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement