Jumat 22 Feb 2013 17:04 WIB

Ingin Melatih Kejujuran? Coba MCK Jujur di Bogor

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Citra Listya Rini
Pembangunan MCK
Foto: bwa
Pembangunan MCK

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Setelah kantin jujur marak di sekolah-sekolah kini muncul Mandi Cuci Kakus (MCK) Jujur di salah satu sekolah di Kota Bogor. Pelopor ajang melatih kejujuran di MCK ini adalah SDN Bantarjati 9 Kota Bogor.

Apa sih MCK jujur? MCK jujur adalah sebuat spot khusus di dekat toilet yang menjual perlengkapan kebutuhan siswa saat ke Water Closet (WC) sekolah. Di area WC ini disiapkan tissue basah, celana dalam juga pembalut wanita. 

MCK jujur yang diluncurkan oleh sekolah penyandang gelar Sekolah Adiwiyata Mandiri dan menjadi Sekolah Sobat Bumi ini sudah mulai disediakan sejak bulan Januari 2013.  

Kepala Sekolah SDN Bantarjati 9 Kota Bogor, Yayah Komariah mengatakan latar belakang disediakannya MCK jujur ini terinspirasi dari salah satu siswi kelas 6 yang mengalami datang bulan atau menstruasi di Sekolah. 

''Saat itu si anak tidak membawa perlengkapan (celana dalam dan pembalut),'' kata Yayah.

Mendapat ide dan direspon baik oleh para siswa dan orang tua siswa, akhirnya membuahkan MCK Jujur di sudut sekolah tersebut. 

Para siswa yang membutuhkan perlengkapan tersebut hanya tinggal mengambilnya dan menyimpan uang pembayaran di dalam box. Di spot tersebut sudah terpampang harga setiap kebutuhan.

Pembalut wanita seharga Rp 500, Tissue seharga Rp 1.000, celana dalam ukuran kecil dengan harga Rp 5.000, dan celana dalam ukuran besar seharga Rp 6.000.

Yayah mengaku cukup puas dengan MCK jujur karena sekaligus melatih kejujuran siswa. ''Buktinya, selama sebulan MCK Jujur diluncurkan, mereka semuanya membayar sesuai tarif harga yang ditetapkan,'' kata Yayah.

Ia menambahkan, selain meluncurkan MCK Jujur, SDN Bantarjati 9 juga akan meluncurkan Perpustakaan Jujur. Perpustakaan jujur ini akan launching pada bulan Maret mendatang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement