Rabu 10 Apr 2013 19:38 WIB

Pemerintah Disebut Bertanggung Jawab Mengurai Kemacetan

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi kemacetan.
Foto: Antara
Ilustrasi kemacetan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan contra flow dinilai percuma. Pengamat perkotaan, Yayat Supriyatna berpendapat contra flow hanya mengurai kemacetan di jalan tol saja.

"Coba lihat jalur arterinya, sama saja macetnya," sebut Yayat di Jakarta, Rabu (10/4).

Pengamat dari Universitas Trisakti Jakarta itu mengatakan, seharusnya pemerintah khususnya Pemprov DKI bertanggung jawab mengurai kemacetan. Contra flow, menurut Yayat adalah imbas dari ketidakmampuan pemerintah menyelesaikan masalah kemacetan yang sudah kronis.

Ia juga menyindir soal sayembara pemerintah yang bakal memberikan sejumlah uang bagi siapa yang memiliki konsep mengatasi kemacetan. Padahal, Pemprov DKI juga ragu menerapkan beberapa konsep yang pernah dilakukan. Menurut Yayat, keraguan itu akibat tidak kompaknya antarinstansi.

Seharusnya, masih kata Yaya, pemerintah pusat bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam program penguraian kemacetan. "Ada inkonsistensi antara pemerintah," kata Yayat mengakhiri.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ جَعَلَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْحَمِيَّةَ حَمِيَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَكَانُوْٓا اَحَقَّ بِهَا وَاَهْلَهَا ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا ࣖ
Ketika orang-orang yang kafir menanamkan kesombongan dalam hati mereka (yaitu) kesombongan jahiliah, lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin; dan (Allah) mewajibkan kepada mereka tetap taat menjalankan kalimat takwa dan mereka lebih berhak dengan itu dan patut memilikinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Fath ayat 26)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement