Kamis 16 May 2013 16:06 WIB

DPR: Kementerian Harus Hati-Hati Sikapi Pemotongan Anggaran

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Karta Raharja Ucu
Mata uang Rupiah
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Mata uang Rupiah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi XI DPR, Achsanul Qosasih mendukung rencana pemerintah memotong anggaran ke sejumlah kementrian dan lembaga. Achsanul mengingatkan pihak kementrian berhati-hati menyikapi kebijakan pengurangan anggaran.

"Bila ada pemangkasan anggaran jangan sampai mengganggu efesiensi dan efektifitas kementrian," kata Achsanul kepada wartawan di kompleks MPR/DPR, Senayan, Kamis (16/5).

Achsanul mengusulkan agar para kementrian mengurangi aloksi anggaran untuk hal-hal yang identik dengan pemborosan. Ia mencontohkan pengurangan anggaran perjalanan dinas, seminar, dan belanja kementrian yang tidak perlu. "Dengan begitu pelayanan publik tidak terganggu," ujarnya.

Kementrian juga harus kreatif meningkatkan pendapatan dari sektor penerimaan negara bukan pajak (PNBP). "Saya berkali-kali minta untuk optimalisasi pendapatan," katanya.

Sebelumnya, Menkoprekonomian, Hatta Rajasa menyatakan, pemerintah menargetkan pemotongan nggaran belanja kementrian dan lembaga sebesar Rp 27 triliun sampai Rp 30 triliun. Hatta mengharapkan kondisi APBN pada 2014 lebih sehat dan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement